Enam Tempat Terbaik Untuk Menyaksikan Langit Penuh Bintang
2018 / Januari / 8   19:00

Enam Tempat Terbaik Untuk Menyaksikan Langit Penuh Bintang

Belakangan ini, muncul wisata astronomi (astro-tourism) yang mengajak kita melihat langit indah penuh bintang. Keenam lokasi berikut menjadi destinasi utamanya.

Enam Tempat Terbaik Untuk Menyaksikan Langit Penuh BintangAnak-anak menikmati malam di dalam tenda di bawah cahaya alami bintang-bintang (SHUTTERSTOCK / KATRINA BROWN)

Beberapa tahun terakhir, muncul wisata astronomi atau astro-tourism. Ini memungkinkan para pelancong untuk berkunjung ke tempat-tempat yang memperlihatkan langit malam tergelap dan menjadi kanvas sempurna untuk pemandangan penuh bintang.

Booking.com, perusahaan e-commerce perjalanan, menunjukkan tempat terpopuler yang menjadi pilihan wisatawan untuk menatap bintang-bintang. Berikut di antaranya:

San Pedro de Atacama, Cile

Salah satu tempat terbaik untuk melihat bintang-bintang, kebetulan memiliki kemiripan dengan Mars. Beberapa wilayah di Atacama tidak pernah mengalami hujan selama 400 tahun.

(Baca juga: 7 Fenomena Langit yang Tidak Boleh Dilewatkan Pada 2018)

Hotel Pascual Andino adalah yang paling terkenal di kalangan wisatawan dan mungkin bisa menjadi pilihan untuk menginap. Di sana, kita dapat menikmati pemandangan penuh bintang di balkon kamar atau sambil berendam di jacuzzi.

Merzouga, Maroko

Bukit Sahara di Merzouga, Maroko, memiliki ketinggian 1000 kaki. Mengunjunginya dengan menaiki unta melupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Apalagi, ketika melihat sambutan dari bangsa Berber.

Ketika senja, pertunjukkan yang sebenarnya baru akan dimulai. Matahari terbenam di gurun ini merupakan pembuka dari tontonan langit malam yang akan membuat Anda jatuh cinta dengan keindahan alam semesta.

Sedona, Amerika Serikat

Meskipun cuaca di gurun Arizona cukup dingin, tetapi wilayah ini patut dikunjungi jika ingin melihat langit malam yang indah. Di Sedona, kita bisa menemukan keajaiban kosmis seperti galaksi Andromeda. Namun, akan lebih baik jika membawa teleskop agar bisa mengagumi bintang biner, nebula orion, dan yang lainnya.

Danau Tekapo, Selandia Baru

Observatorium Mt John memiliki segalanya – terletak di cagar alam dengan langit tergelap di dunia, rumah bagi teleskop terbesar di Selandia Baru, dan menampilkan pemandangan menakjubkan yang dikelilingi pegunungan.

(Baca juga: Ketika Bumi Makin "Menyala" di Malam Hari Karena Polusi Cahaya)

Dengan menginap di sekitar danau Tekapo, kita bisa menyaksikan langit penuh bintang di tengah pegunungan sambil menikmati daging panggang.

Wadi Rum, Yordania

Meskipun Wadi Rum dikenal sebagai The Valley of the Moon atau Lembah Bulan, tapi pemandangan langit malam yang penuh bintang lah yang mencuri perhatian banyak orang. Untuk pengalaman yang luar biasa, ikuti perjalanan suku pengembara Badawi dan habiskan malam di bawah langit bermandikan bintang.

Vilaflor, Spanyol

The Observatorio del Teide di Vilaflor, Spanyol, merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat bintang di belahan bumi utara. Sebagai pengunjung, kita bisa mendapat tur gratis.

Itulah enam empat terbaik untuk melihat bintang. Apakah Anda tertarik mengunjunginya?

(Gita Laras Widyaningrum/Sumber: Huffingtonpost)

KOMENTAR