Hal Sederhana yang Dapat Dilakukan untuk Menolong Penurunan Populasi Lebah
2016 / Oktober / 12   14:56

Hal Sederhana yang Dapat Dilakukan untuk Menolong Penurunan Populasi Lebah

Masuknya spesies lebah ke dalam daftar hewan terancam punah merupakan hal yang mengejutkan. Beberapa hal ini dapat membantu pencegahan penurunan populasi lebah.

Hal Sederhana yang Dapat Dilakukan untuk Menolong Penurunan Populasi Lebah (thinstockphoto)

Sungguh mengejutkan ketika pemberitaan terhadap lebah ‘bumble bee’ dimasukkan ke dalam daftar spesies hewan yang terancam punah oleh US Fish and Wildlife Services pada bulan lalu akibat penurunan populasi yang sangat cepat selama bertahun-tahun.

Tedapat setidaknya 250 spesies lebah yang tinggal di zona beriklim utara,tengah, dan Amerika Selatan serta Eropa dan Asia. Keberadaan lebah bumble bee sedikit lebih jarang daripada spesies lainnya. Pada 2014, para ilmuwan kembali bersemangat karena menemukan untuk pertama kalinya Bombus affinis dalam lima tahun terakhir di Virginia. Keberadaan mereka berlimpah hingga akhir tahun 1990 karena mengalami penurunan populasi sebesar sembilan puluh lima persen dalam beberapa tahun terakhir.

Dari 250 spesies lebah di dunia, penurunan jumlah dari lebah jenis rusty-patched sangat signifikan, kata Sarina Jepsen, Director of Endangered Species and Aquatic Program dari Xerces Society melalui e-mail.The Xerces Society mengajukan sebuah petisi pada 2013 agar memasukkan lebah rusty-patched sebagai spesies yang terancam punah. Penelitian yang dilakukan oleh Xerces Society dan berkolaborasi dengan IUCN Bumblebee Specialist Group menemukan bahwa sekitar seperempat dari hampir 50 spesies lebah di Amerika Utara juga menghadapi risiko kepunahan.

Jika lebah benar-benar akan menghilang sepenuhnya dari bumi ini, kita akan kehilangan salah satu penyerbuk terbaik di dunia. “Bahkan jika Anda dapat membuat penyerbuk tanaman sendiri, Anda akan mendapatkan tanaman yang lebih besar dan lebih banyak berbuah jika lebah-lebah yang melakukan penyerbukkannya,” kata Georgia Parham, seorang juru bicara dari US Fish and Wildlife Service. “Para lebah mempunya teknik ‘penyerbukan buzz ’ dengan cara meraih bagian bawah bunga denga rahang mereka dan menggetarkan sayap mereka untuk mengguncangkan serbuk sari."

Jika lebah benar-benar akan menghilang sepenuhnya dari bumi ini, kita akan kehilangan salah satu penyerbuk terbaik di dunia.

“Alasan utama dari penurunan jumlah lebah ialah pembangunan urban,” kata Clint Perry, seorang cognitive neuroethologist dari Queen Mary University yang memperlajari kognisi lebah. Para lebah menyerbuki blueberry, cranberry, dan semanggi. Lebah hampir satu-satunya serangga yang dapat menyerbuki tomat, menurut USFWS. Dengan lebah, Amerika Serikat dapat menghemat $3 miliyar pertahun untuk membiayai layanan penyerbukkan.

Kabar baiknya, Kita tidak perlu berhenti dari pekerjaan kita dan kemudian menjadi peternak lebah, atau bahkan memiliki gelar melittology untuk dapat menyelamatkan lebah. Berikut beberapa langkah sederhana yang dianjurkan oleh para ahli untuk membantu menjaga populasi lebah di rumah:

  1. Mulai menanam bunga. Meskipun hanya dalam bentuk kotak kecil didepan jendela rumah anda.Pembangunan perkotaan adalah salah satu alasan mengapa mereka mengalami kekacau seperti ini. Mulailah membangun sebuah taman kecil di depan rumah anda dan para lebah akan sangat berterimakasih atas hal tersebut. Lebah bukan hewan pemilih atau dapat disebut dengan ‘habitat generalists', kata Jepsen. Bunga-bunga seperti bunga Lupin, semanggi dan aster dapat menarik perhatian lebah.
  2. Mengurangi penggunaan pestisida kimia dan herbisida atau sama sekali tidak Menggunakan pestisida yang disemprotkan ke tanaman dapat menyebar melalui angin dan menimbulkan bahaya yang lebih besar, terutama bagi lebah.
  3. Bersikap baik ketika melihat Lebah. Jangan memukuli lebah ketika anda melihat mereka karena anda takut padanya. Lebah hanya akan menyengat jika anda mengganggu mereka atau ketika sedang berada di sarang mereka.

(Nisrina Darnila. Sumber: Samantha Cole/popsci.com;www.fws.gov/)

KOMENTAR