Jangan Pernah Beri 5 Jenis Makanan Ini Pada Anjing
2016 / Agustus / 2   16:12

Jangan Pernah Beri 5 Jenis Makanan Ini Pada Anjing

Lima jenis makanan ini terlarang untuk anjing. Perlu diingat bahwa beberapa makanan yang aman untuk kita belum tentu juga akan aman untuk anjing peliharaan.

Jangan Pernah Beri 5 Jenis Makanan Ini Pada AnjingIlustrasi (Thinkstock)

Sebagian besar orang telah menganggap anjing bukan sekedar hewan peliharaan, tetapi juga sebagai sahabat setia. Saking sayangnya, banyak pemilik anjing yang memanjakan peliharaannya dengan memberikan makanan-makanan lezat. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa makanan yang aman untuk kita belum tentu juga akan aman untuk anjing peliharaan. Berikut ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda berikan kepada anjing peliharaan:

1.  Cokelat

Ilustrasi cokelatIlustrasi cokelat (Thinkstock)

Cokelat mengandung stimulan seperti kafein yang dikenal sebagai methylxanthines. Jika tertelan dalam jumlah besar, cokelat dapat menyebabkan muntah, diare, denyut jantung tak teratur dan bahkan kematian pada anjing.

2.  Anggur dan kismis.

Ilustrasi anggur dan kismisIlustrasi anggur dan kismis (Thinkstock)

Meskipun anggur dan kismis sarat nutrisi bagi kita, akan tetapi buah-buahan ini beracun bagi anjing dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

3.  Bawang merah

IlustrasiIlustrasi (Thinkstockphoto)

Bawang merah dapat membuat kita menangis jika tak berhati-hati ketika mengirisnya. Pada anjing, bawang merah dapat merusak sel darah merah dan membuat anjing peliharaan anda sakit.

4.  Alpukat

Alpukat. Alpukat. (Thinkstock)

Daun, buah, kulit dan biji alpukat mengandung racun yang disebut persin. Racun ini dapat menyebabkan anjing sakit perut dan kesulitan bernafas.

5.  Alkohol

IlustrasiIlustrasi (Thinkstock)

Meski hanya sejumlah kecil, minum alkohol dapat menyebabkan keracunan akut pada anjing, membuat mereka muntah, kejang, bahkan meninggal.  

6.  Makanan cepat saji

IlustrasiIlustrasi (Thinkstock)

Selain mengandung kalori dan kadar lemak jahat yang sangat tinggi, makanan cepat saji sangat berbahaya bagi tubuh manusia apabila dikonsumsi secara terus menerus dan terlalu banyak. Begitu juga apabila dikonsumsi oleh anjing peliharaan kita karena dapat menyebabkan pankreatitis.

(Lutfi Fauziah/www.mnn.com)

KOMENTAR