Cara Gampang Redakan Stres: Pandangi Gambar Hijau
2016 / Mei / 9   17:54

Cara Gampang Redakan Stres: Pandangi Gambar Hijau

Jika tak sempat berjalan-jalan di alam terbuka untuk meredakan stres, Anda bisa menggantinya dengan melihat gambar hijau.

Cara Gampang Redakan Stres: Pandangi Gambar Hijau (Thinkstockphoto)

Ada banyak penelitian yang menyoroti manfaat dari menghabiskan waktu di alam terbuka. Semua studi mengungkapkan bagaimana berjalan-jalan di alam terbuka baik untuk pengelihatan dan kesehatan mental kita.

Tapi hal menakjubkannya adalah, kita tak harus benar-benar berjalan ke alam terbuka untuk menuai beberapa manfaat yang sama. Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa hanya dengan melihat gambar hijau, bisa menjadi stimulus alami untuk menurunkan tingkat stress kita.

Para peneliti Vrije University Medical Centre di Belanda merekrut 46 partisipan dalam sebuah percobaan yang dirancang untuk mengetahui bagaimana melihat gambar yang menampilkan alam hijau dapat menenangkan saraf seseorang.

(Baca juga: Dibanding Obat, Pertemanan yang Luas Lebih Baik dalam Melawan Rasa Sakit)

Peserta yang dilengkapi dengan sensor untuk memonitor denyut jantung dan tingkat stress harus menyelesaikan permasalahan matematika di komputer, dengan tes yang diset dapat berjalan dalam level normal dan level yang menimbulkan stress. Setelah itu, mereka akan melihat dua gambar.

Kedua set gambar menampilkan lingkungan perkotaan, satu gambar menunjukkan lingkungan hijau di antara gedung-gedung, sementara yang lain menunjukkan gedung-gedung tanpa ada tumbuhan alami.

Temuan yang dilaporkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health ini menunjukkan bahwa meletakkan beberapa bingkai gambar hijau di meja kerja Anda bukanlah ide buruk. Ketika partisipan melihat gambar pemandangan alam setelah tes, mereka mengalami penurunan tingkat stress, berkat aktivasi sistem saraf parasimpatetik yang mengontrol fungsi ketenangan tertentu.

(Baca juga: 10 Makanan Ampuh Penangkal Stres)

“Melihat gambar pemandangan alam sangat efektif dalam mendukung relaksasi dan pemulihan setelah mengalami masa stress,” tulis peneliti.

Memang ukuran sampel penelitian ini tak cukup besar dan hasilnya tak dianggap pasti, tetapi ini bukanlah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa melihat gambar hijau dapat memberikan efek tenang pada seseorang. Bagaimana pun, peneliti mengakui bahwa melihat alam yang sebenarnya di dunia nyata memiliki efek yang jauh lebih besar daripada hanya melihat gambar.

(Baca juga: Terlalu Bahagia Dapat Sebabkan Sindrom Patah Hati)

Sebuah studi pada tahun 2014 yang dilakukan peneliti Universitas Queesland di Australia menemukan bahwa lingkungan kantor dengan tanaman pot membuat para karyawan menjadi lebih bahagia dan dapat meningkatkan produktivitas hingga 15 persen.

Jika tanaman pot tidak cocok untuk tempat kerja Anda, setidaknya sekarang Anda tahu bahwa dengan menempelkan beberapa foto alam hijau di kubikal dapat membantu Anda dalam meredakan stress.

(Lutfi Fauziah/Science Alert)

KOMENTAR