Lihatlah Cahaya Menakjubkan Refleksi Nebula
2016 / Februari / 11   11:44

Lihatlah Cahaya Menakjubkan Refleksi Nebula

Astronom berhasil mengabadikan pertunjukan cahaya yang menakjubkan dari refleksi nebula IC 2631

Lihatlah Cahaya Menakjubkan Refleksi NebulaRefleksi nebula IC 2631 (ESO)

IC 2631, juga dikenal sebagai Ced 112 dan BRAN 341C, merupakan refleksi nebula, awan debu yang memantulkan cahaya dari bintang terdekat ke ruang angkasa. Astronom berhasil mengabadikan pertunjukan cahaya yang menakjubkan dari refleksi nebula ini.

Objek ini adalah nebula paling terang di Kompleks Chamaeleon, wilayah besar gas dan awan debu yang menjadi rumah bagi banyak bintang yang baru lahir dan masih dalam tahap pembentukan.

Kompleks ini terletak di konstelasi Chamaeleon selatan, sekitar 500 tahun cahaya. IC 2631 diterangi oleh bintang yang sangat muda yang dikenal sebagai HD 97300.

Bintang HD 97300 merupakan bintang T Tauri, bintang yang masih dalam tahap pembentukan.  Ketika bintang ini mencapai usia dewasa, mereka akan kehilangan massa dan menyusut.

Bintang ini mendapatkan tenaganya dari gaya gravitasi yang dilepaskan saat bintang mulai terbentuk, dan bergerak menuju deret utama, yang dapat dicapai setelah 100 juta tahun.

Suhu permukaannya setara dengan bintang pada deret utama dengan massa yang sama, namun lebih cemerlang karena memiliki jari-jari yang lebih besar.

Karena suhu inti yang terlalu rendah, mereka tidak bisa melebur hidrogen menjadi helium di inti mereka seperti layaknya bintang deret utama.

Refleksi nebula, seperti yang melahirkan oleh HD 97300, hanya menghamburkan cahaya kembali ke ruang angkasa. Cahaya bintang yang lebih energik, seperti radiasi UV yang tercurah dari bintang-bintang baru yang sangat panas, dapat mengionisasi gas di dekatnya, sehingga memancarkan cahaya sendiri. Emisi nebula ini menunjukkan adanya bintang yang lebih panas dan lebih kuat.

(Lutfi Fauziah/Sci-news)

KOMENTAR