5 Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Jantung
2016 / Januari / 17   12:43

5 Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Jantung

Apakah Anda bekerja berjam-jam di meja kerja? Jika iya, sebaiknya rubahlah kebiasaan buruk tersebut !

5 Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan JantungIlustrasi (Thinkstock)

Apakah Anda bekerja berjam-jam di meja kerja? Jika iya, sebaiknya rubahlah kebiasaan buruk tersebut. Hal itu merupakan kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan jantung kita.

Kita tahu bahwa makanan sehat dan olahraga secara teratur penting untuk kesehatan jantung.Tapi apakah kita tahu terdapat beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung kita? Apalagi hal-hal ini sering dilakukan kebanyakan orang. Berikut penjelasannya:

1. Duduk sepanjang hari. 

Menurut studi American Heart Association (AHA) journal Circulation: Heart Failure,  bagi mereka yang tidak banyak bergerak dan cenderung duduk selama lima jam atau lebih setiap hari, dapat meningkatkan dua kali lipat risiko gagal jantung. Hal ini bila dibandingkan dengan orang yang memiliki gaya hidup yang aktif. Jika pekerjaan kita mengharuskan duduk di meja sepanjang hari, cobalah untuk berjalan kaki selama lima menit setiap jamnya. Hal kecil ini dapat menjaga arteri dan mengalirkan darah dengan baik.

2. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan. 

Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan obesitas—yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung. Menurut AHA, minum berlebihan, seperti lebih dari dua gelas sehari untuk pria, dan lebih dari satu gelas bagi wanita, dapat mengganggu ritme jantung dan menyebabkan gagal jantung.  Tapi kita juga boleh untuk tetap menikmati segelas wine atau cocktail dengan takaran yang tepat.

3. Stres yang berlebihan. 

Stres dapat mempengaruhi fungsi tubuh kita. Salah satunya meningkatnya denyut jantung dan menaikkan tekanan darah kita. Seiring waktu, terlalu banyak stres dapat merusak pembuluh darah di jantung, dan meningkatkan risiko untuk serangan jantung dan stroke.

4. Konsumsi garam yang berlebih. 

Natrium berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Ha itu tentu akan memicu penyakit jantung. Kita perlu memastikan nutrisi yang terkandung dalam produk makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Kita bisa memilih produk yang tidak memiliki kandungan natrium berlebihan. Konsumsi natrium yang tepat menurut AHA adalah kurang dari 1.500 mg per hari.

5. Kurang Tidur. 

Jantung kita telah bekerja keras sepanjang hari. Ketika kurang tidur sistem kardiovaskular kita tidak akan mendapatkan waktu istirahatnya. Kevin R. Campbell, MD, cardiac electrophysiologist di North Carolina Heart and Vascular merekomendasikan, orang dewasa perlu tidur selama tujuh hingga delapan jam tiap malamnya.

(Ilham Pradipta Mulya/Intisari-Online)

KOMENTAR