Langka, Foto Kaisar Jepang Hirohito Sedang Tersenyum Ditemukan
2015 / November / 30   18:49

Langka, Foto Kaisar Jepang Hirohito Sedang Tersenyum Ditemukan

Selama ini foto-foto Kaisar Hirohito umumnya menggunakan pakaian kedinasan militer dan dengan muka serius, tak ada senyum sama sekali.

Langka, Foto Kaisar Jepang Hirohito Sedang Tersenyum DitemukanFoto langka Kaisar Showa Hirohito (29 April 29 1901 â€" 7 Januari 1989) dengan senyum, bersama puteranya yang kini menjadi Kaisar Akihito. (Yousuke Yamahata)

Foto-foto Kaisar Showa Hirohito (29 April 1901 – 7 Januari 1989) yang tersenyum bersama keluarganya berhasil ditemukan.

Foto-foto tersebut merupakan karya Yousuke Yamahata, fotografer kelahiran Fukui 4 April 1887 yang ternyata pernah jadi kepala foto studio Asahi tahun 1910 di Medan, Sumatera Utara.

"Langka sekali melihat foto-foto Kaisar Showa yang tersenyum. Namun fotografer kekaisaran Yousuke Yamahata ternyata memperoleh foto yang santai tersebut," papar Mari Shirayama, Peneliti Senior Institut Industri Kamera Jepang (IIKJ) di Chiyoda Tokyo.

Sebanyak 90 foto Yamahata akan dipamerkan di IIKJ mulai tanggal 1 Desember mendatang dan terbuka bagi umum di markas IIKJ tersebut daerah Chiyodaku, Tokyo.

Selama ini foto-foto Kaisar Hirohito umumnya menggunakan pakaian kedinasan militer dan dengan muka serius, tak ada senyum sama sekali. Namun kali ini banyak foto-foto santai Kaisar tersenyum bersama keluarganya .

Misalnya saat membaca koran Amerika Stars and Stripes setelah perang dunia kedua berakhir. Dia membaca koran bersama puteranya yang kini menjadi Kaisar Akihito.

Foto-foto Kaisar yang dimuat di majalah Amerika, Life, edisi tanggal 4 Februari 1946 semuanya dengan wajah yang serius tanpa senyum. Tetapi versi serupa yang dibuat oleh fotografer Yamahata, Kaisar tengah tersenyum.

"Penampilan wajah kaisar dalam keadaan senyum bagi masyarakat kali ini tentu punya maksud tertentu," papar pengamat Hiriya Kawanishi, pengajar di Universitas Wanita Kobe Gakuin.

Misi tersebut antara lain untuk menciptakan rasa senang bagi masyarakat Amerika kalau melihat foto tersebut dan menjadi bersahabat, paparnya.

"Pihak pemerintah Jepang sendiri juga tampaknya agar kuatir dengan masa depan monarki kekaisaran Jepang saat ini," ungkapnya lagi.

Dengan foto-foto yang senyum dan santai diharapkan masyarakat mana pun bisa menerima dengan baik kehadiran Kaisar dan terus mendapat dukungan mengenai keberlangsungan kekaisaran Jepang sampai masa mendatang.

(Sumber: Tribunnews.com)

KOMENTAR