Ikan yang 1000 kali Lebih Kecil, Sebabkan Dua Paus Pilot Mati
2015 / November / 30   01:09

Ikan yang 1000 kali Lebih Kecil, Sebabkan Dua Paus Pilot Mati

Penyebab kematian paus tersebut adalah karena ikan sebelah (Solea solea) terjebak di lubang sembur, organ di mana paus bernafas.

Ikan yang 1000 kali Lebih Kecil, Sebabkan Dua Paus Pilot MatiPaus Pilot (NHPA/Photoshot)

Paus pilot dan ikan sebelah umumnya hidup terpisah. Tetapi, ketika paus mencoba memangsanya, terjadi pertarungan yang mengakibatkan kematian. Paus menderita sesak napas, saat ikan sebelah terperangkap dalam lubang pernapasan (blowholes) paus, ikan sebelah meronta meminta jalan keluar dari paus.

Peristiwa berlangsung pada bulan November 2014, ketika sekumpulan paus pilot (Globicephala melas) bersirip panjang yang biasanya ditemukan di Atlantik Utara (di perairan lepas pantai dalam dan di sepanjang landas tepi benua) terlihat hanya beberapa ratus meter dari lepas pantai Belgia dan Inggris timur.

Mereka lenyap sesaat, tetapi enam minggu kemudian paus pilot ditemukan membusuk dan terdampar di pantai Belanda.

Lonneke IJsseldijk, seorang peneliti post-mortem di fakultas kedokteran hewan dari Universitas Utrecht di Belanda, meneliti ikan paus yang ditemukan. Ia dengan heran mengumumkan penyebab kematian paus tersebut adalah karena ikan sebelah (Solea solea) terjebak di lubang sembur, organ di mana paus bernafas.

Tiga minggu kemudian, ikan paus mati lain muncul lagi, "Ketika aku sampai ke pantai kedua kalinya, saya melihat ekor ini mencuat dari lubang sembur dan “saya pikir itu tidak mungkin !'"

KOMENTAR