2015 / Januari / 7   22:51

Suka Minum Kopi? Jangan Buang Ampasnya

Tak hanya minumannya yang memberikan manfaat bagi tubuh. Ampas kopi pun juga memiliki manfaat bagi kecantikan.

Suka Minum Kopi? Jangan Buang AmpasnyaMasyarakat penggemar kopi di Aceh mulai menikmati kopi jenis Arabica. (PA via BBC Indonesia)

Siapa yang tak tahu kopi? Mungkin hampir semua orang di dunia menyukai kopi. Minuman pengusir rasa kantuk ini memang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti antioksidan, menurunkan resiko diabetes tipe 2, dan dapat meningkatkan mood.

Manfaat kopi tak cukup sampai di situ. Kopi juga memiliki manfaat untuk kecantikan, terutama pada ampasnya. Bagi kamu suka minum kopi, mulai sekarang jangan buang ampasnya. Pantas saja banyak salon kecantikan menggunakan manfaat kopi dalam salah satu perawatan yang ditawarkan.

Penasaran ingin tahu apa saja manfaat dari ampas kopi untuk kecantikan?  Berikut manfaat ampas kopi.

1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Perawatan rambut dengan ampas kopi bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan membuatnya semakin berkilau. Perawatan ini dapat merangsang folikel rambut untuk memaksimalkan kinerjanya, sehingga rambut akan tumbuh lebih subur dan lebih cepat.

Cukup balurkan ampas kopi secara merata sembari memberi pijatan ringan pada rambut sebelum melakukan keramas.

2. Mengangkat sel kulit mati

Ampas kopi yang selalu kita singkirkan ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan manfaat ini gunakan ampas kopi sebagai scrub alami. Perawatan kulit dengan ampas kopi yang rutin, akan membuat kulit menjadi lebih halus bebas dari sel-sel kulit mati.

3. Mengurangi selulit

Siapa sangka ampas kopi juga bisa mengurangi selulit. Keberadaan selulit jelas cukup mengganggu, terutama pada wanita yang tak ingin memiliki selulit ditubuhnya. Gunakan ampas kopi pada area munculnya selulit, dengan cara menggosokan ampas kopi tersebut.

4. Melenyapkan bau amis

Tangan yang amis setelah memasak ikan ataupun memakan beraroma menyengat kadang susah dihilangkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan ampas kopi untuk menghilangkannya.

Caranya cukup dengan menggosokan ampas kopi pada tangan secara merata, kemudian dilanjutkan dengan mencuci tangan dengan sabun seperti biasa. Hasilnya tangan akan terbebas dari bau amis dan bersih.

(Nurul Kusumawardani - dari berbagai sumber)

KOMENTAR