2015 / Januari / 4   11:41

Pada Masa Subur, Suara Wanita pun Ikut Berubah

Seorang pria mampu mengindentifikasi masa subur wanita dari suara.

Pada Masa Subur, Suara Wanita pun Ikut BerubahIlustrasi (Thinkstockphotos)

Suara wanita menjadi salah satu daya tarik yang tak dapat dipungkiri. Namun penelitian dari James Madison University menemukan suara wanita pada masa subur terdengar lebih menarik.

Para peneliti menduga bahwa perubahan hormonal saat puncak masa subur menjadi penyebab perubahan suara pada wanita. Lebih lanjut, perubahan suara tersebut mampu menimbulkan respon bawah sadar bagi pendengarnya.

Melalui rekaman digital, pada saat memasuki masa subur suara wanita direkam. Kemudian peneliti meminta para subjek penelian untuk mendengar dan menilai daya tarik suara tersebut. Hasilnya, para subjek penelitian mengungkap bahwa suara wanita saat masa subur terdengar lebih menarik. Baik pria dan wanita sebagai subjek penelitian merasakan aktivitas listrik pada kulit dan detak jantung meningkat.

“Seorang pria mampu mengindentifikasi masa subur wanita dari suara,” ujar Dr. Melanie Shoup-Knox kepada The Telegraph. “Di sisi lain, wanita pun dapat mengetahui status kesuburan wanita lain melalui suara.”

Menurut Shoup-Knox, bahwa jaringan organ di luar reproduksi, seperti laring juga dipengaruhi hormon. “Jaringan ini juga dipengaruhi estrogen dan progestin, hormon yang berfluktuasi selama masa menstruasi wanita,” tambahnya.

(Sumber: The Independent, The Telegraph)

KOMENTAR