2014 / Desember / 24   09:14

Staf Medis Tiongkok Dikecam Gara-gara Selfie di Ruang Bedah

Mereka mengunggah foto bersama di dalam ruang bedah, dengan seorang pasien masih terbaring di meja operasi.

Staf Medis Tiongkok Dikecam Gara-gara Selfie di Ruang BedahInilah aksi selfie para dokter bedah di RS Fengcheng, yang mengundang kecaman dari publik. (Foto via KOMPAS.com)

Sejumlah dokter dan perawat di Rumah Sakit Fengcheng, Xi'an, Tiongkok, memicu kegeraman publik setelah mereka mengunggah selfie bersama di dalam ruang pembedahan, dengan seorang pasien masih terbaring di meja operasi.

Harian Shanghai Daily mengabarkan, foto itu sebenarnya diambil pada 15 Agustus lalu untuk mengingat sebuah ruang bedah lama yang akan ditutup dan akan diganti dengan ruang bedah yang baru.

Akibat hujan kecaman di media sosial terkait aksi selfie ini, Wakil Direktur RS Fencheng, yang bertanggung jawab mengawasi para staf medis, harus rela kehilangan pekerjaannya.

Selain dipecat, sang wakil bersama direktur rumah sakit juga dijatuhi hukuman denda yang cukup besar. Demikian pernyataan Biro Kesehatan Publik Xi'an yang dirilis pada Minggu (21/12).

Besarnya denda yang dijatuhkan kepada kedua petinggi rumah sakit itu setara dengan gaji tiga bulan para dokter dan perawat yang tampil dalam selfie itu. Padahal, dalam foto itu setidaknya 10 staf medis ikut ber-selfie.

KOMENTAR