2014 / Desember / 31   17:51

Mengapa Lagu Auld Lang Syne Sering Diputar Pada Malam Tahun Baru?

Lagu rakyat ini menjadi semakin populer saat penyanyinya mendekati ajal.

Mengapa Lagu Auld Lang Syne Sering Diputar Pada Malam Tahun Baru?Guy Lombardo bersama kelompok musiknya Royal Canadian Band memopulerkan lagu Auld Lang Syne pada malam tahun baru. (Music Corporation of America Oleh Maurice Seymour/Wikimedia Commons)

Pada 1929, Guy Lombardo, seorang penyanyi yang lahir di Kanada, tampil di Roosevelt Hotel di New York City pada malam pergantian tahun. Ia tampil bersama grup musiknya yang bernama Royal Canadian band, dan disiarkan melalui radio.

The Royal Canadian sendiri dibentuk pada 1924, bersama saudara lelakinya yaitu Carmen, Lebert, dan Victor, serta musisi lain dari tanah kelahirannya.

Pada tengah malam, mereka memilih untuk menyanyikan lagu yang pertama kali didengar oleh Lombardo dari para imigran Skotlandia di Ontario. Judul lagu itu adalah Auld Lang Syne.

Lagu rakyat Skotlandia ini pertema kali diperkenalkan pada tahun 1788, berisi tentang mengenang kawan-kawan lama dan waktu yang dilalui bersama mereka.

Tahun-tahun berikutnya, hingga 1959, mereka tetap bermain di Roosevelt Hotel, menyanyikan lagu yang sama pada setiap malam tahun baru. Hingga 1976 saat Lombardo berusia 74 tahun, mereka terus memainkan lagu ini pada malam tahun baru di Waldorf Astoria Hotel, dan disiarkan melalui radio juga televisi. Lombardo pun terkenal dengan sebutan “Mr. New Year Eve.”

Pada 1976, untuk terakhir kalinya Lombardo memainkan lagu Auld Lang Syne karena ia wafat di usia 75 tahun pada November 1977 akibat serangan jantung.  Kelompok musiknya masih memainkan lagu tersebut pada tahun-tahun ke depan. Sejak itulah lagu Auld Lang Syne selalu berkumandang menjelang malam pergantian tahun baru.

(Titania Febrianti)

KOMENTAR