2014 / September / 23   10:28

Tinggal "Selangkah", India Akan Sampai di Planet Merah

India bersiap untuk Mars Orbital Insertion (MOI) besok.

Tinggal ''Selangkah'', India Akan Sampai di Planet MerahIlustrasi: Mars Orbiter Mission (MOM) India akan menutup perjalanan antarplanet selama sepuluh bulan ketika memasuki orbit planet pada 24 September 2014 mendatang. (ISRO)

Menyusul Maven, wahana antariksa India untuk misi Mars, Mars Orbiter Mission (MOM), dikonfirmasi segera masuk ke orbit Planet Merah sesuai yang telah direncanakan—pada Rabu pagi (24/9) waktu setempat.

Sekitar 100 ilmuwan yang membangun dan mengembangkan MOM, telah menyatakan keberhasilan uji coba mesin utama wahana bernama Mangalyaan tersebut pada Senin. Demikian dilansir oleh Indian Space Research Organisation (ISRO), hari ini (23/9).

Uji coba dilakukan untuk memastikan kesiapan operasi tahap akhir: Mars Orbital Insertion (MOI).

Proyek yang didukung Perdana Menteri Narendra Modi ini bertujuan menjadikan India sebagai salah satu negara kompetitif di pasar industri teknologi ruang angkasa yang nilainya lebih dari $300 miliar.

Menurut laporan Reuters, besok Modi akan duduk bersama para ilmuwan ISRO pusat, menyaksikan saat yang bersejarah ini di Kota Banglore.

"Ini adalah saat menggembirakan," ujar V Koteswara Rao, Scientific Secretary di ISRO.

Akankah misi penjelajahan antariksa India ke Planet Mars berakhir manis? Kita nanti saja.

Bila misi ini terbilang sukses, India pun menjadi lembaga antariksa keempat—setelah Amerika Serikat, Eropa, dan Rusia—yang ‘mengukir nama’ alias berjejak di Mars.

Kesuksesan pendaratan Mangalyaan bakal dilanjutkan dengan meneliti kandungan di permukaan Mars serta komposisi gas di atmosfer planet itu.

Anda dapat menyaksikan secara langsung pula, karena peristiwa ini akan disiarkan lewat web www.isro.org mulai 9:15 p.m. EDT (pukul 08.15 pagi wib)

Kelahiran Jakarta, 1989. Menulis dan meliput untuk National Geographic Indonesia sejak November 2010.

KOMENTAR