Apa Makanan Tepat untuk Paru-paru Sehat?
2014 / Juli / 23   16:15

Apa Makanan Tepat untuk Paru-paru Sehat?

Berikut adalah daftar makanan tepat yang harus dikonsumsi untuk paru-paru sehat dan tubuh yang kuat.

Apa Makanan Tepat untuk Paru-paru Sehat?Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan brokoli lebih dari sekali seminggu akan mengurangi risiko kanker prostat. (Thinkstockphotos)

Hidup di kota besar memungkinkan penghuninya terpaksa berhadapan dengan polusi udara yang menyesakkan. Padahal, asupan polusi dan mikroba yang bersarang di udara yang terhirup bukanlah tanpa bahaya.

Namun, hal tersebut dapat diantisipasi dengan merawat kesehatan paru-paru-dan memastikan paru-paru berfungsi baik dalam menyaring zat berbahaya dan racun yang masuk ke tubuh.

Berikut adalah daftar makanan tepat yang harus dikonsumsi untuk paru-paru sehat dan tubuh yang kuat.

1. Air
Meminum banyak air akan mengatur aliran darah ke dan dari paru-paru. Ini menjaga paru-paru terhidrasi dengan baik. Sebaliknya, kurangnya asupan air akan menyebabkan paru-paru menjadi kering dan lebih rentan terhadap iritasi.

2. Sayuran
Jenis sayuran seperti kembang kol, kubis, kailan, dan brokoli telah memberi bukti yang signifikan dalam mengurangi risiko kanker paru-paru. Jenis sayuran tersebut kaya akan klorofil yang mampu membersihkan dan membentuk sel darah, serta kaya akan antioksidan. 

3. Apel
Apel kaya akan vitamin E, C, dan flavonoid yang mampu meningkatkan fungsi paru-paru.

4. Lemak ikan
Lemak ikan mengandung kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Ini merupakan salah satu nutrisi yang paling penting dalam menjaga paru-paru tetap sehat.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan serta biji-bijian kaya akan magnesium, mineral penting untuk kesehatan paru-paru. Selain itu, mengonsumsi makanan ini juga bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular. 

6. Wortel
Wortel kaya akan vitamin A dan C, likopen, dan antioksidan yang membantu dalam kesehatan paru-paru. Mengonsumsi rutin wortel akan menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

(Chatarina Komala/intisari-online.com, Sumber: Healthmeup)

KOMENTAR