Lima Makanan Pencegah Kanker Prostat
2018 / April / 9   18:15

Lima Makanan Pencegah Kanker Prostat

Kanker prostat menempati posisi terparah kedua setelah kanker paru-paru. Menurut peneliti, lima makanan ini bisa membantu kita mengurangi risiko kanker prostat.

Lima Makanan Pencegah Kanker ProstatSebuah penelitian menyebutkan bahwa makan brokoli lebih dari sekali seminggu akan mengurangi risiko kanker prostat. (Thinkstockphotos)

Kanker prostat merupakan kanker pembunuh kedua pada pria setelah kanker paru-paru. Meskipun harapan hidup pasien kanker prostat tidak diketahui, tapi ada baiknya para pria harus menyadari dan mencegah penyakit ini.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan prostat seperti dilansir prostate.net.

Brokoli

Brokoli mengandung sulforafan yang dapat menghilangkan racun penyebab kanker. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang makan brokoli lebih dari sekali dalam seminggu, risiko penyebab kankernya berkurang sebesar 45 persen.

Cabai rawit

Makanan pedas ini dapat mencegah kanker prostat karena kandungan zat capcaisin di dalamnya. Capcaisin mampu membunuh mitokondria, yang mengubah sel-sel sehat menjadi sel kanker.

Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin. Zat ini selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan bakteri atau virus tertentu, juga dapat melawan kanker, termasuk kanker prostat. Katekin mampu memperbaiki DNA yang rusak karena pertumbuhan sel-sel kanker.

Jamur

Jamur mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah antioksidan yang disebut L-ergothioneine yang mampu melindungi dari sel-sel kanker. Zat ini biasanya ditemukan pada shitake dan jamur tiram.

Salmon

Kandungan omega-3 dalam ikan salmon mampu menjaga kesehatan prostat. Salmon juga mengandung eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dapat mencegah substansi pembuluh darah yang mendukung pertumbuhan sel kanker.

(Sumber: intisari-online.com)

KOMENTAR