2016 / Oktober / 29   19:00

Berbagi Inspirasi Pendidikan Melalui Penjelajahan

Penjelajahan "Inspirasi Pendidikan Negeri" bertujuan menyebarluaskan pengetahuan seputar kekayaan alam dan budaya Indonesia dan mendorong upaya pelestariannya.

Berbagi Inspirasi Pendidikan Melalui PenjelajahanPenjelajahan "Inspirasi Pendidikan Negeri" bertujuan menyebarluaskan pengetahuan seputar kekayaan alam dan budaya Indonesia dan mendorong upaya pelestariannya. (Harry Afif/National Geographic Indonesia)

Untuk menyebarluaskan wawasan seputar kekayaan alam dan budaya Indonesia dan mendorong upaya pelestariannya, National Geographic Indonesia menggandeng Samsung Indonesia dalam penjelajahan bertajuk “Inspirasi Pendidikan Negeri”. Dalam penjelajahan yang berlangsung selama bulan Oktober-November 2016 ini, tim National Geographic Indonesia bersama Samsung 360 dan enam pemenang kompetisi Workshop 360 akan mengeksplorasi kekayaan alam dan keragaman budaya di Indonesia dengan mengutamakan kearifan lokal dan perspektif wisata berkelanjutan.

Ada enam destinasi yang akan disambangi, yaitu: Pulau Samosir, Sumatra Utara; Banyuwangi, Jawa Timur;  Sangkulirang Mangkalihat, Kalimantan Timur; Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; Teluk Cendrawasih, Papua Barat.

Seluruh kisah perjalanan dalam penugasan ini nantinya akan dikemas dengan cara yang unik dan futuristik dengan memanfaatkan teknologi kamera Samsung Gear 360 dan Samsung Gear Virtual Reality (VR).

Hasil penugasan berupa video 360 dapat diakses menggunakan Samsung Gear VR di Samsung corner, yang akan disediakan di berbagai museum dan sekolah di Indonesia. Selain itu, artikel lengkap tentang destinasi dalam majalah elektronik juga dapat dibaca melalui Samsung Galaxy Tab. Dengan demikian, pengetahuan seputar kekayaan alam dan budaya Nusantara dapat dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan.

Pemimpin Redaksi National Geographic Indonesia, Didi Kaspi Kasim mengatakan, “Kami menyadari betul bahwa inspirasi pendidikan dapat memberikan pemahaman dan ikut mendorong upaya-upaya pelestarian Planet Bumi yang semakin tua dan sesak dengan penghuninya.”

“Melalui penjelajahan, kami berharap dapat terus belajar tentang planet ini dan menyebarluaskan inspirasi kepada khalayak sehingga lebih banyak lagi orang yang peduli akan  keberlangsungan Bumi dengan segala isinya,” pungkas Didi.

(Lutfi Fauziah)

KOMENTAR