Forum National Geographic Indonesia » Konservasi » [ASK] Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?

[ASK] Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?

Bagikan:

Moderators: kuma, siary, widhibek.

Post Reply

Page: 1 2 >

Author Post
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 436
Location: Surabaya

User posted image
Photo by Ria Qorina Lubis

Sejak kecil, sejak masih SD, saya selalu mendengar kata-kata Wawasan Nusantara. Ini semacam manifesto mengenai Nusantara sebagai kesatuan geografis dan sebagai bangsa. Dan salah satunya saya diajarkan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah 17.000-an banyaknya. What a blessed country!

Inilah negeri kita yang kaya, jumlah pulaunya merentang panjang dari ujung Sumatera hingga Papua. Tiga dari lima pulau utamanya masuk dalam daftar sepuluh besar pulau terluas di muka bumi. Di sekeliling lima pulau utama ini tersebar banyak pulau kecil cantik bak ratna mutu manikam yang tumpah dari nirwana. Itu kenapa negeri ini dinamakan Nusantara, karena terdiri dari banyak pulau.

Masalahnya adalah: Berapa banyak sih jumlah pulau yang ada di Indonesia?


(a) 17.000-an?
(b) 18.000-an?
(c) 13.000-an?
(d) Jawaban a, b , c benar :p

Data di CoreMap seperti ini:
Quote
Data resmi Bakosurtanal menyebutkan, jumlah pulau di Indonesia 17.508 (17.506 pulau setelah dikurangi Sipadan dan Ligitan). Jumlah pulau itu termasuk yang berada di muara dan tengah sungai, serta delta.

Jumlah itu diperoleh Bakosurtanal bekerja sama dengan Dishidros TNI AL lewat survei dan penghimpunan data selama lebih dari satu tahun. Pengecekan di lapangan dilakukan berdasarkan peta dengan skala bervariasi dari 1:500.000 hingga 1:50.000.

Selain itu bekerja sama dengan UI, Bakosurtanal memverifikasi pulau-pulau yang belum punya nama. Diketahui, ada 11.013 pulau tanpa nama.


Itu hampir sama dengan sumber di Wikipedia Indonesia dan Internasional:
id.wikipedia.org
Quote
Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni

wikipedia.org

Quote
Indonesia comprises 17,508 - 18,306 islands and 8,844 that have been named according to estimates made by the Government of Indonesia, with 922 of those permanently inhabited.


Data dari LAPAN mengatakan bahwa Indonesia memiliki 18.306 pulau, sedangkan dari CIA World Factbook disebut bahwa Nusantara ini memiliki 17.508 pulau saja. Bahkan dua lembaga keren ini cukup bingung menghitung jumlah pulau Indonesia :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Masalah perdebatan jumlah pulau ini ternyata cukup menarik untuk diikuti, pada bulan April, Detik.com mengeluarkan sebuah berita tentang kebingungan pemerintah menetapkan jumlah pulau di Indoneia:

Quote
Pemerintah Belum Sepakat Soal Jumlah Pulau di Indonesia
Ramadhian Fadillah - detikNews

Indonesia memiliki ribuan pulau. Namun pemerintah belum sepakat berapa jumlah pulau di Indonesia. Data yang dimiliki Kementrian Pertahanan, tercatat ada 17.504 pulau. Di kementrian lain jumlah ini berbeda.

"Jumlah ini berbeda dengan data-data di beberapa instansi yang lain. Ada yang bilang 17 ribu, ada yang bilang 13 ribu," ujar Direktur Wilayah Pertahanan Kemhan, Laksma TH Soesetyo dalam diskusi di Kemhan, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (26/4/2010).

Soesetyo menjelaskan data yang berbeda ini disebabkan metode penghitungan yang berbeda-beda. Kemhan dan TNI AL menghitung dengan metode kartografi. Yaitu penghitungan dilakukan secara manual berdasarkan peta laut.

"Ada yang menggunakan citra satelit, dimana ada daratan yang terendam air saat pasang, juga dihitung sebagai pulau," terang dia.

Soesetyo menambahkan perbedaan penghitungan juga dilakukan dengan fungsi dan tujuan instansi tersebut. Namun menurutnya, perbedaan jumlah ini cukup mengganggu, sehingga perlu ada penyamaan soal jumlah pulau.

"Misalnya semua bisa saja mengaku pulau paling luar. Padahal kan ada ketentuannya," terang dia.

SUMBER


Kantor berita ANTARA pernah merilis berita bahwa:
Quote
Hasil survei dan verifikasi terakhir Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diketahui bahwa Indonesia hanya memiliki sekitar 13.000 pulau yang menyebar dari Sabang hingga Merauke.

"Total pulau kita hanya 13.000, itu berdasarkan survei terakhir kita," kata Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K), Sudirman Saad, saat berkunjung ke ANTARA News di Jakarta, Selasa.


Parah ya. Bahkan masalah geografis seperti kepulauan gini kan sensitif, ini menyangkut batas wilayah, potensi kekayaan, pengembangan pariwisata dan lain-lain. Lah kalo sudah merdeka lebih dari setengah abad tapi belom bisa mengidentifikasi daerahnya sendiri kan payah sekali. Pantas lah kalo kasus Sipadan dan Ligitan akan mengemuka lagi di tahun-tahun yang akan datang... :? :? :?

Ada yang mau berpendapat? Monggo
Administrator
Registered: Mar 2009
Posts: 3211
Location: jakarta

itu ngitung pulau nya gimana om ayos ?
apakah pulau pasang surut juga dihitung :D

trs kl nanti pulaunya dikeruk pasirnya untuk di jual ke negara lain juga diitung minus berarti ?
berapa bulan eh berapa puluh tahun sekali update pendataannya tuh

hahahaha
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 436
Location: Surabaya

widhibek wrote
itu ngitung pulau nya gimana om ayos ?
apakah pulau pasang surut juga dihitung :D

trs kl nanti pulaunya dikeruk pasirnya untuk di jual ke negara lain juga diitung minus berarti ?
berapa bulan eh berapa puluh tahun sekali update pendataannya tuh

hahahaha


Itu dia om, pemerintah belum sepakat cara ngitungnya. Pulau pasang surut ada yang dihitung ada yang nggak. Trus pulau bawah laut ada pula yang dihitung ada yang tidak...

Kayaknya sih negara kita pulaunya bakal minus terus, yang nambah Singapore :mrgreen: :mrgreen: Tuh Pulau Sentosa, entah besok pulau apa lagi....
Administrator
Registered: Jan 2009
Posts: 1287
Location: Jakarta

Iya, ini masalah klasik sih, inventaris pulau-pulau itu butuh biaya dan sumber daya, dan tahu sendiri di sini kalo sudah masalah itu, nggak jelas juntrungannya :)

Satu hal lagi mungkin, ketidakpastian penghitungan bisa juga karena pulau-pulau itu "timbul-tenggelam".

Nah, jumlah pulau itu baru satu isu, isu lainnya adalah soal penamaan. Penamaan juga penting karena menunjukkan identitas dan kepemilikan. Sementara, SDM yg menekuni bidang ilmu toponimi ini bisa dihitung dengan jari.

Jumlah pulau yang 17.508 kemungkinan besar bersumber dari laporan Indonesia ke Konferensi PBB tentang Pembakuan Nama-Nama Geografis pada 1987, yg menyebut bahwa jumlah pulau Indonesia adalah 17.508 (dengan jumlah pulau yg bernama hanya 5.707 pulau).
Administrator
Registered: Mar 2009
Posts: 3211
Location: jakarta

Administrator wrote
Jumlah pulau yang 17.508 kemungkinan besar bersumber dari laporan Indonesia ke Konferensi PBB tentang Pembakuan Nama-Nama Geografis pada 1987, yg menyebut bahwa jumlah pulau Indonesia adalah 17.508 (dengan jumlah pulau yg bernama hanya 5.707 pulau).

wah kl gitu bisa menetap di pulau yang belum berpenghuni trs kita beri nama pulau sesuai keinginan kita aja yuk
ahhahaha
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 436
Location: Surabaya

@ mas admin: kayaknya memang kita ini lebih bisa menikmati daripada mengkonservasi mas :) Untuk toponimi, bukankah itu diajarkan di mahasiswa Geologi ya? Saya pikir tidak sedikit yang bisa mas, masalahnya yang mau siapa?
Administrator
Registered: Jan 2009
Posts: 1287
Location: Jakarta

Toponimi masuk sub bidangnya Geografi sih, bukan Geologi. Betul dipelajari, tapi tidak ditekuni :)
Administrator
Registered: Mar 2009
Posts: 3211
Location: jakarta

Administrator wrote
Toponimi masuk sub bidangnya Geografi sih, bukan Geologi. Betul dipelajari, tapi tidak ditekuni :)

masalah klasik.. kalau ditekuni bukan termasuk salah satu pekerjaan yang menjajikan..
~kabur......
Administrator
Registered: Jan 2009
Posts: 1287
Location: Jakarta

widhibek wrote
Administrator wrote
Toponimi masuk sub bidangnya Geografi sih, bukan Geologi. Betul dipelajari, tapi tidak ditekuni :)

masalah klasik.. kalau ditekuni bukan termasuk salah satu pekerjaan yang menjajikan..
~kabur......


Sad but true :)
Moderator
Registered: Dec 2010
Posts: 368
Location: Central Sulawesi

mungkin salah satunya jg nih mas ayos....! sudah banyak pulau-pulaunya indonesia yg telah dijual ke pihak asing.....
Member
Registered: Oct 2010
Posts: 186
Location: South Tangerang

daripada memperbanyak toponimi, lebih baik kita bebaskan kepemilikan pulau tersebut, jadi pulau-pulau itu legal dijual (untuk pulau2 tidak bernama dan berpenghuni) untuk dikelola menjadi destinasi wisata baru tapi yang bisa membeli hanya kalangan WNI saja, jadi ga perlu susah2 namain biar yang menamakan pemiliknya saja :mrgreen:
Administrator
Registered: Mar 2009
Posts: 3211
Location: jakarta

pandawa lima wrote
daripada memperbanyak toponimi, lebih baik kita bebaskan kepemilikan pulau tersebut, jadi pulau-pulau itu legal dijual (untuk pulau2 tidak bernama dan berpenghuni) untuk dikelola menjadi destinasi wisata baru tapi yang bisa membeli hanya kalangan WNI saja, jadi ga perlu susah2 namain biar yang menamakan pemiliknya saja :mrgreen:

kalau pulau dijual belikan uang nya masuk kemana om ?
~kabur :p
Member
Registered: May 2011
Posts: 470
Location: Yogyakarta - Jakarta - Kalimantan

widhibek wrote
Administrator wrote
Jumlah pulau yang 17.508 kemungkinan besar bersumber dari laporan Indonesia ke Konferensi PBB tentang Pembakuan Nama-Nama Geografis pada 1987, yg menyebut bahwa jumlah pulau Indonesia adalah 17.508 (dengan jumlah pulau yg bernama hanya 5.707 pulau).

wah kl gitu bisa menetap di pulau yang belum berpenghuni trs kita beri nama pulau sesuai keinginan kita aja yuk
ahhahaha


hahahahaaay.... om widhi...
ntar kena kasus om, aq ogah ikut...(walau sbenernya ga ada yg ngajak) :D
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 612
Location: Surabaya

saya dengar juga ke 27 pulau di kepulauan karimun jawa (sumber:nelayan lokal) sudah dibeli orang asing. kecuali Pulau Gundul yang memang menjadi latihan sasaran tembak TNI. nah, kalau gitu, walaupun kita meyakini itu ada dalam wilayah kita, sumber kekayaan kita, tapi orang asing yang secara hukum memiliki pulau tersebut. lah terus piye, kan sama aja. tidak adakah kebijakan untuk masalah seperti ini?
Member
Registered: Jan 2011
Posts: 414
Location: Bandung

widhibek wrote
itu ngitung pulau nya gimana om ayos ?
apakah pulau pasang surut juga dihitung :D


Saya jadi inget sama pulau kecil di KarimunJawa, yang mungkin kalau pasang itu pulaunya menghilang.
Member
Registered: Apr 2011
Posts: 931
Location: Bandung

giriprasetyo wrote
saya dengar juga ke 27 pulau di kepulauan karimun jawa (sumber:nelayan lokal) sudah dibeli orang asing. kecuali Pulau Gundul yang memang menjadi latihan sasaran tembak TNI. nah, kalau gitu, walaupun kita meyakini itu ada dalam wilayah kita, sumber kekayaan kita, tapi orang asing yang secara hukum memiliki pulau tersebut. lah terus piye, kan sama aja. tidak adakah kebijakan untuk masalah seperti ini?


memang gimana sih sampai pulau negeri sendiri bisa dengan gampangnya dijual ke orang luat, ckck..miris
Member
Registered: Oct 2010
Posts: 186
Location: South Tangerang

widhibek wrote
Administrator wrote
Toponimi masuk sub bidangnya Geografi sih, bukan Geologi. Betul dipelajari, tapi tidak ditekuni :)

masalah klasik.. kalau ditekuni bukan termasuk salah satu pekerjaan yang menjajikan..
~kabur......


om widhi kabur2an mlulu :lol:
ya uangnya masuk ke kas negara dong om
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 436
Location: Surabaya

giriprasetyo wrote
saya dengar juga ke 27 pulau di kepulauan karimun jawa (sumber:nelayan lokal) sudah dibeli orang asing. kecuali Pulau Gundul yang memang menjadi latihan sasaran tembak TNI. nah, kalau gitu, walaupun kita meyakini itu ada dalam wilayah kita, sumber kekayaan kita, tapi orang asing yang secara hukum memiliki pulau tersebut. lah terus piye, kan sama aja. tidak adakah kebijakan untuk masalah seperti ini?


Iya Gir, masalah gini klasik. Mungkin seperti Pulau Menyawakan dan Pulau Kura-kura di Karimunjawa bukan milik asing, tapi pengelolaan dan asetnya lebih banya mereka gunakan ketimbang penduduk lokal. Belum lagi kalo kamu lihat peta, tunjuklah sekitar Nusa Tenggara, ada banyak pula tersebar yang pemandangannya bagus loh! Di perairan Arafuru juga jumlah pulaunya naujubillah!

Negeri ini luar biasa kaya, tapi manajemen kelautannya lemah. Padahal sebagai negara arkipelagik, sudah seharusnya kepentingan laut ini diutamakan. Apa yang ada di permukaan dan dalam lautan adalah aset negeri ini...
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 436
Location: Surabaya

Shofi wrote
memang gimana sih sampai pulau negeri sendiri bisa dengan gampangnya dijual ke orang luat, ckck..miris


Shofi, sebenarnya secara hukum kepemilikan sebuah pulau atas nama orang asing itu dilarang. Tapi pemerintah negeri ini begitu mudah dimainkan. Pakai saja nama orang lokal sebagai pemilik tanah, beres sudah! Hehehehe
Member
Registered: Apr 2011
Posts: 931
Location: Bandung

hifatlobrain wrote
Shofi wrote
memang gimana sih sampai pulau negeri sendiri bisa dengan gampangnya dijual ke orang luat, ckck..miris


Shofi, sebenarnya secara hukum kepemilikan sebuah pulau atas nama orang asing itu dilarang. Tapi pemerintah negeri ini begitu mudah dimainkan. Pakai saja nama orang lokal sebagai pemilik tanah, beres sudah! Hehehehe


wah parah banget...betul-betul lemah ya hukum laut di Indonesia. sayang banget, padahal negara sendiri yang rugi.
Member
Registered: Apr 2009
Posts: 991
Location: Jakarta, ID

hifatlobrain wrote
Shofi wrote
memang gimana sih sampai pulau negeri sendiri bisa dengan gampangnya dijual ke orang luat, ckck..miris


Shofi, sebenarnya secara hukum kepemilikan sebuah pulau atas nama orang asing itu dilarang. Tapi pemerintah negeri ini begitu mudah dimainkan. Pakai saja nama orang lokal sebagai pemilik tanah, beres sudah! Hehehehe


bukannya emang begitu ya dalam UUPA?
WNA ga boleh memiliki tanah di Indonesia,
tapi boleh mempergunakan nama WNI :(
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 436
Location: Surabaya

aliepodja wrote
bukannya emang begitu ya dalam UUPA?
WNA ga boleh memiliki tanah di Indonesia,
tapi boleh mempergunakan nama WNI :(


Betul mas :)
Moderator
Registered: Mar 2011
Posts: 1306
Location: Bogor

Beuuhh... ini bagaimana sih ceritanya... hukum-nya... kok mau-mau-nya aja gitu ya dipermainkan...
gak malu apa??

Ini sih bisa-bisa penjajahan secara 'halus-nya' =___="
mau-mau-nya aja.... heran dehh~ :evil:
Member
Registered: May 2011
Posts: 476

kalau satu per satu pulau kita hilang,apakah indonesia masih layak menyandang sebutan negara kepulauan???
Moderator
Registered: Mar 2010
Posts: 436
Location: Surabaya

kuma wrote
Beuuhh... ini bagaimana sih ceritanya... hukum-nya... kok mau-mau-nya aja gitu ya dipermainkan...
gak malu apa??

Ini sih bisa-bisa penjajahan secara 'halus-nya' =___="
mau-mau-nya aja.... heran dehh~ :evil:


Trus gimana dong Kuma? Kamu ada saran? 8)

Post Reply

Page: 1 2 >