Forum National Geographic Indonesia » SULAWESI » PERAHU PHINISI

PERAHU PHINISI

Moderators: iLagaligo, kuma, purwoshop.

Post Reply

Page: 1

Author Post
Member
Registered: Jan 2010
Posts: 963
Location: toraja - bandung

Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang; umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.

User posted image

Sejarah Kapal kayu Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang lalu, diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut naskah Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama sekali dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk berlayar menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang bernama We Cudai.

User posted image

Sawerigading berhasil ke negeri Tiongkok dan memperisteri Puteri We Cudai. Setelah beberapa lama tinggal di negeri Tiongkok, Sawerigading kembali kekampung halamannya dengan menggunakan Pinisinya ke Luwu. Menjelang masuk perairan Luwu kapal diterjang gelombang besar dan Pinisi terbelah tiga yang terdampar di desa Ara, Tanah Beru dan Lemo-lemo. Masyarakat ketiga desa tersebut kemudian merakit pecahan kapal tersebut menjadi perahu yang kemudian dinamakan Pinisi.

Ritual pembangunan Pinisi

User posted image

Para pengrajin harus menghitung hari baik untuk memulai pencarian kayu sebagai bahan baku. Biasanya jatuh pada hari ke lima dan ketujuh pada bulan yang berjalan. Angka 5 (naparilimai dalle'na) yang artinya rezeki sudah di tangan. Sedangkan angka 7 (natujuangngi dalle'na) berarti selalu dapat rezeki. Setelah dapat hari baik, lalu kepala tukang yang disebut "punggawa" memimpin pencarian. Pada saat peletakan lunas, juga harus disertai prosesi khusus. Saat dilakukan pemotongan, lunas diletakkan menghadap Timur Laut. Balok lunas bagian depan merupakan simbol lelaki. Sedang balok lunas bagian belakang diartikan sebagai simbol wanita. Usai dimantrai, bagian yang akan dipotong ditandai dengan pahat. Pemotongan yang dilakukan dengan gergaji harus dilakukan sekaligus tanpa boleh berhenti. Itu sebabnya untuk melakukan pemotongan harus dikerjakan oleh orang yang bertenaga kuat. Demikian selanjutnya setiap tahapan selalu melalui ritual tertentu.

User posted image



Jenis kapal pinisi Ada dua jenis kapal pinisi Lamba atau lambo. Pinisi modern yang masih bertahan sampai saat ini dan sekarang dilengkapi dengan motor diesel (PLM). Palari. adalah bentuk awal pinisi dengan lunas yang melengkung dan ukurannya lebih kecil dari jenis Lamda.

http://www.ikadanewsonline.com/2011/04/kapal-phinisi-national-treasure.html

mungkin ada rekan2 yang bisa menambahkannya lagi,

tabe' diii' :)
Member
Registered: Jan 2010
Posts: 963
Location: toraja - bandung

Member
Registered: Nov 2011
Posts: 15
Location: Yogyakarta

sepp mantap om...dilestarikan sejarah dan kegunaaan phiniisi ini karena sudah banyak masyarakat luar negeri yang menggunakannya... hati hati klaim hehehe
Member
Registered: Jun 2011
Posts: 62
Location: Jakarta

nenek moyangku memang orang pelaut
Member
Registered: Jan 2010
Posts: 963
Location: toraja - bandung

akhan wrote
sepp mantap om...dilestarikan sejarah dan kegunaaan phiniisi ini karena sudah banyak masyarakat luar negeri yang menggunakannya... hati hati klaim hehehe


saya aja blm pernah liat secara langsung
Member
Registered: Nov 2011
Posts: 15
Location: Yogyakarta

janganki kira om.. orang orang kita dipake jadi capten dan abk..
Member
Registered: Sep 2011
Posts: 42

Suatu kebanggaan kita orang Indonesia punya warisan leluhur kapal phinisi
Moderator
Registered: Mar 2011
Posts: 803
Location: Bandung, Jakarta

ada nggak ya museum yang nyimpen perahu pinisi asli yang berasal dari zamannya?
Member
Registered: Apr 2011
Posts: 931
Location: Bandung

fahriprayasi wrote
ada nggak ya museum yang nyimpen perahu pinisi asli yang berasal dari zamannya?

err..museum yang menyimpan perahu pinisi sebesar itu? wew :shock:
Moderator
Registered: Mar 2011
Posts: 803
Location: Bandung, Jakarta

shofi wrote
fahriprayasi wrote
ada nggak ya museum yang nyimpen perahu pinisi asli yang berasal dari zamannya?

err..museum yang menyimpan perahu pinisi sebesar itu? wew :shock:


ada emang yg masih utuh? Yaa minimal tiang2 nya aja atau sobekan layarnya jg gapapa lah hahaha
_______________
Forum NGI Mobile
Member
Registered: Apr 2011
Posts: 931
Location: Bandung

fahriprayasi wrote
shofi wrote
fahriprayasi wrote
ada nggak ya museum yang nyimpen perahu pinisi asli yang berasal dari zamannya?

err..museum yang menyimpan perahu pinisi sebesar itu? wew :shock:


ada emang yg masih utuh? Yaa minimal tiang2 nya aja atau sobekan layarnya jg gapapa lah hahaha
_______________
Forum NGI Mobile

ooh..kirain semua bagian kapal utuh hehe
iya ya..ada ga ya?
Member
Registered: Jan 2010
Posts: 963
Location: toraja - bandung

fahriprayasi wrote
ada nggak ya museum yang nyimpen perahu pinisi asli yang berasal dari zamannya?


kl museum blm pernah denger om, hihihi, tapi mungkin saja ada, nanti aku tanya2 dl deh, hahaha
Member
Registered: May 2012
Posts: 58

jadi banyak tau nih tentang perahu pinisi.. thanks
Member
Registered: Feb 2011
Posts: 230
Location: Maros

info tambahankalao ada yg berminat melihat langsung proses pembuatan phinisi silahkan ke tanah beru kabupaten bulukumba
Member
Registered: Jun 2012
Posts: 27

saya belum pernah lihat perahu phinisi omm..... :D
Member
Registered: Sep 2011
Posts: 106

wawanblog wrote
saya belum pernah lihat perahu phinisi omm..... :D

heh serius?
Itu di Pautere ada banyak :D
Moderator
Registered: Aug 2010
Posts: 334
Location: Ciputat, Tanerang Selatan - Jakarta PP

tahukah teman teman akhir tragis dr kapal ini?????


13 September 2002 kapal ini karam dan tenggelam di kepulauan seribu...

http://www.indonesiawaters.com/2011/07/seperempat-abad-pelayaran-ekspedisi.html


dan bisa nangis baca ini:
http://groups.yahoo.com/group/unhas-ml/message/18421


lalu awal tahun ini disusul tenggelamnya kapal Maruta jaya di dok tanjung priok... :(


DILAUT KITA JAYA????? :(

User posted image

User posted image



Gimana kalau NGI ngadain acara menyusuri jejak Phinisi Nusantara?
Member
Registered: Jan 2010
Posts: 963
Location: toraja - bandung

cupicuk wrote
tahukah teman teman akhir tragis dr kapal ini?????


13 September 2002 kapal ini karam dan tenggelam di kepulauan seribu...

http://www.indonesiawaters.com/2011/07/seperempat-abad-pelayaran-ekspedisi.html


dan bisa nangis baca ini:
http://groups.yahoo.com/group/unhas-ml/message/18421


lalu awal tahun ini disusul tenggelamnya kapal Maruta jaya di dok tanjung priok... :(


DILAUT KITA JAYA????? :(

User posted image

User posted image



Gimana kalau NGI ngadain acara menyusuri jejak Phinisi Nusantara?



di laut kita jaya, mungkin ini kata2 jaman dahulu lagi,
Member
Registered: Aug 2012
Posts: 1

Mohon ijin mencopy artikel ini di facebook saya

Terima kasih
Member
Registered: Aug 2012
Posts: 285
Location: Bogor

huwa makasih infonyaaaaa gan.
oh ya, mau tanya nih kan suka ada souvenir kapal phinisi didalam botol tuh ya. Cara masukkin kapal kedalam botolnya gimana tah ?
ada yang tau
Member
Registered: Oct 2012
Posts: 2

soulsick wrote
akhan wrote
sepp mantap om...dilestarikan sejarah dan kegunaaan phiniisi ini karena sudah banyak masyarakat luar negeri yang menggunakannya... hati hati klaim hehehe


saya aja blm pernah liat secara langsung



Kalau mau lihat langsung Kapal Pinisi salah satu kebanggan bangsa Indonesia di Bali info saya ya :) ...

Kapal traditional phinisi buatan Indonesia telah terkenal ke manca negara dan di rubah menjadi kapal pesiar mewah Zen Phinisi Schooner ... Indonesia Luxury Yacht Charter
« Last edit by Rita Napitupulu on Mon Oct 08, 2012 2:25 pm. »
Member
Registered: Aug 2012
Posts: 24

seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, keberadaan kapal phinisi seolah tenggelam dengan munculnya kapal-kapal modern yang lebih canggih.
Member
Registered: Sep 2012
Posts: 23
Location: Lintas Sulawesi Selatan. Makassar

soulsick wrote
akhan wrote
sepp mantap om...dilestarikan sejarah dan kegunaaan phiniisi ini karena sudah banyak masyarakat luar negeri yang menggunakannya... hati hati klaim hehehe


saya aja blm pernah liat secara langsung


kebetulan kampungku bulukumba :D. pembuatan di kec. tanah beru bro.
Member
Registered: Oct 2012
Posts: 2

Rita Napitupulu wrote
soulsick wrote
akhan wrote
sepp mantap om...dilestarikan sejarah dan kegunaaan phiniisi ini karena sudah banyak masyarakat luar negeri yang menggunakannya... hati hati klaim hehehe


saya aja blm pernah liat secara langsung




Kapal traditional phinisi buatan Indonesia telah terkenal ke manca negara dan di rubah menjadi kapal pesiar mewah ... kalau mau lihat kapal Phinisi mewah di Bali banyak, pelabuhan Serangan.

Post Reply

Page: 1