Forum National Geographic Indonesia » Sosial-Budaya » dimanakah sisa-sisa peninggalan kerajaan pajajaran...

dimanakah sisa-sisa peninggalan kerajaan pajajaran...

Bagikan:

Moderators: kuma, siary, widhibek.

Post Reply

Page: 1

Author Post
Member
Registered: Dec 2009
Posts: 14

ada hal lucu ketika kita mengenang persoalan budaya di indonesia.

terkhusus wilayah jawa barat yang tersohor dengan nama tatar sunda, dan dalam kisahnya pernah ada sebuah kerajaan agung nan kuat yaitu pajajaran dengan rajanya yang mulia sang prabu siliwangi......
namun entah mengapa berbagai pertanyaan muncul dengan fenomena yang ada. contohnya, apabila ada seorang mahasiswa yang ingin mempelajari sastra sunda untuk strata dua musti datang ke negri orang yaitu belanda......adakah kawan-kawan merasa aneh dengan fenomena tersebut....sseperti yang aku rasakan sekarang dengan munculnya pertanyaan di kepala: dimanakah sisa-sisa peninggalan kerajaan pajajaran.......
Member
Registered: Nov 2010
Posts: 233
Location: Malang, tapi tepatnya Kota Batu ^_^

pantas saja lha waktu itu dibawa penjajah belanda ke belanda koq. Mari kita ambil/ minta/ ekstradisi kembali
Moderator
Registered: Apr 2010
Posts: 129
Location: Bogor - Ambon - Gunung Kidul

dari buku yang pernah saya baca.. memang kalo bilang tentang petilasan kerajaan Pajajaran itu yang menunjukan bukti bangunan kerajaannya ya cuma Prasasti Batu Tulis itu. katanyanya sih letak kerajaannya sekitaran situ.. dan itu memang atas dukungan peneliti asing juga.. katanya berbeda dengan kerajaan lain, soal kerajaan Pajajaran ini hilangnya itu ambles ke bumi. itu bisa jadi, soalnya kalo dilihat dari struktur geografis daerah sekitar batu tulis itu berupa cekungan. (coba tengok Gang Aut).. dulu saya sempet tertarik ingin menyusuri petilasan ini, cuma ada hal-hal yang bikin saya urung diri... gak ada kawan... hhehhe
Moderator
Registered: Apr 2010
Posts: 129
Location: Bogor - Ambon - Gunung Kidul

dari buku yang pernah saya baca.. memang kalo bilang tentang petilasan kerajaan Pajajaran itu yang menunjukan bukti bangunan kerajaannya ya cuma Prasasti Batu Tulis itu. katanyanya sih letak kerajaannya sekitaran situ.. dan itu memang atas dukungan peneliti asing juga.. katanya berbeda dengan kerajaan lain, soal kerajaan Pajajaran ini hilangnya itu ambles ke bumi. itu bisa jadi, soalnya kalo dilihat dari struktur geografis daerah sekitar batu tulis itu berupa cekungan. (coba tengok Gang Aut).. dulu saya sempet tertarik ingin menyusuri petilasan ini, cuma ada hal-hal yang bikin saya urung diri... gak ada kawan... hhehhe
Member
Registered: Mar 2010
Posts: 1

di sindang barang itu bukannya ada beberapa ya.. kayak pemandian, dll..
Moderator
Registered: Apr 2010
Posts: 129
Location: Bogor - Ambon - Gunung Kidul

coba mas cari di google, tentang pemandian yang ada di rancamaya (atau tempat bertapa sang Parabu Siliwangi)...
saya fikir ada dua hal yang jadi pertimbangan, dua gunung dan dua sungai (gunung gede-pangrango dan gunung salak, dan sungai ciliwung dan cisadane).. tolong koreksi kalo saya keliru..
Moderator
Registered: Jun 2010
Posts: 407
Location: Bali

di facebook udah lama ada group "sundapura" yang ngebahas tatar sunda beserta seluruh kerajaan. Ada kajian ilmiah, semi ilmiah dan hipotesa yang berbeda dari informasi sejarah yang kita dapat di sekolah formal, menurut saya menarik untuk menambah wawasan dengan hal hal yang baru. Tapi karena ini forum diskusi bebas jadi pasti ada pro dan kontra dan hasilnya tidak absolut benar dan kadang mengambang. Saya udah lama tidak aktif lagi jadi tidak menyimak sampai sejauh mana tema yang di bahas. Sarannya sih bisa bahasa sunda dan jangan mementahkan forum dengan pertanyaan dasar tanpa membaca forum2 diskusi yang telah dibahas, siapa tahu yang ditanyakan sudah dibahas. http://www.facebook.com/group.php?gid=27290578780
Moderator
Registered: Jun 2010
Posts: 407
Location: Bali

tambahan : ternyata diskusi di group ini sudah ga begitu aktif lagi :(
Member
Registered: Nov 2010
Posts: 233
Location: Malang, tapi tepatnya Kota Batu ^_^

raimaster wrote
tambahan : ternyata diskusi di group ini sudah ga begitu aktif lagi :(


Thread ini juga aktif setelah setahun ga ada yang respon, he6 ^_^

Post Reply

Page: 1