Forum National Geographic Indonesia » Kegiatan dan Aktivitas » Kenali Ambon Cintai Indonesia #KACI

Kenali Ambon Cintai Indonesia #KACI

Bagikan:

Moderators: kuma, siary, widhibek.

Post Reply

Page: 1

Author Post
Moderator
Registered: Apr 2011
Posts: 818
Location: Ambon

Napak Tilas Sejarah Kota Ambon & Hunting Street Photography


User posted image

Halo teman2, hadir lagi nih setelah beberapa purnama ilang dari peredaran forum #NG, ikutan share info sja yah sapa tau ada yg mampir dan bisa ikutan kumpul :D

Dalam Rangka Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 66 Indonesia, Teman2 Komunitas di Kota Ambon bikin Acara Napak Tilas Sejarah Kota Ambon, sekaligus dianggap sebagai Hunting Street Photography oleh teman2 Maluku Photo CLub.


Acaranya dilaksanakan pada :
Tanggal : 17 Agustus 2011
Jam : 15.00 WIT (Jam 3 Sore)
Tempat kumpul : di Pattimura Park

Rute yang akan dilalui :

User posted image

Benteng Victoria -> Jl. AY. Patty -> Jl. A.M Sangadji -> Tugu Trikora -> Ponegoro -> Jln. Pattimura -> Berakhir dengan buka bersama di Pattimura Park.

Peserta diharapkan datang tepat waktu dengan syarat :
Laki-laki : Baju Merah. (Pake Baniang lebih bagus, silahkan sewa di Salon2 yang menyewakan baju baniang"
Perempuan : Baju Putih. (ato pake Baju Cele sekalian)



Sedikit Keterangan :

Benteng Victoria
Benteng Victoria merupakan tempat bersejarah yang dibangun oleh Portugis pada 1775, di pusat kota Ambon. Dan benteng ini, diambil alih oleh Belanda. Belanda kemudian menjadikan benteng ini sebagai pusat pemerintahan untuk mengeruk harta kekayaan masyarakat pribumi, berupa rempah-rempah yang melimpah di Bumi Maluku. Pengunjung sering datang ke benteng ini dengan jalan kaki ke arah timur sejauh 300 meter dari Terminal Mardika.


AY. Patty
Nama A. Y. Patty sudah tak asing lagi bagi sebagaian orang, namuh hanya sebatas nama jalan protokol utama di Kota Ambon. Minimnya pengetahuan maupun catatan tentang beliau mengakibatkan AY. Patty seperti terlupakan oleh sejarah.
Alexander Jacob Patty lahir pada tanggal 15 Agustus 1901 di Desa Nolloth Pulau Saparua. Ia keturunan keluarga besar Patty di negeri Nolloth Pulau Saparua.
AY PAtty adalah pendiri Perkumpulan Kemakmuran Rakyat Ambon (Maluku). yang kemudian di tinggakan lalu pada 9 Mei 1920 beliaumendirikan “Sarekat Ambon” yang mempunyai satu sayap organisasi khusus untuk perempuan yaitu "Ina Tuni". Setelah mengalami masa penahanan dan pembuangan dimana2 AY. Patty akhirnya meninggal dunia di Bandung pada tanggal 15 Juli 1947 dan di Makamkan di TPU Pandu.

A.M Sangadji
Ia seangkatan dengan pejuang perintis kemerdekaan lainnya seperti H.O.S. Cokroaminoto dan H. Agus Salim. A.M. Sangaji disebut sebagai pemimpin tua. “Jago Tua”, kata beberapa surat kabar di ibukota Republik. “Hindeburg Kalimantan”, kata s.k. Merdeka Solo. Belanda dan Jepang pun tahu tentang kedudukan beliau sebagai pemimpin tua itu. A.M. Sangaji memiliki mobilitas yang tinggi. Ia tidak hanya di Maluku, tapi juga pernah berkiprah di Borneo, terlebih lagi di Jawa. Di Samarinda Kalimantan Timur, A.M. Sangaji melalui Balai Pengadjaran dan Pendidikan Rakjat (BPPR) yang didirikannya ia mengelola Neutrale School untuk menampung anak-anak sekolah dari kalangan bumiputera.


Tugu Trikora.

Tugu Trikora adalah Tugu yang didirkan oleh Soekarno untuk memperingati Kembalinya Irian Jaya ke Pangkuan RI.

Ponegoro
Daerah yang bernama Daerah Ponegoro ini merupakan wilayah tempat ditahannya Pangeran Diponegoro oleh Belanda. Disinilah Diponegoro sehari2 tinggal dan menghabiskan masa pembuangannnya. Jejak yang tertinggal hanyalah Kuburan, sedang jejak lainnya sudah hilang karena tidak dirawat bahkan sudah jarang orang yang tau kalau disini adalah tempat pembuangan Pangeran Diponegoro. Yang lebih diketahui adalah Makam Anak Cucu Pangeran Diponegoro di Wilayah Batumerah Tanjung.
Moderator
Registered: Dec 2010
Posts: 368
Location: Central Sulawesi

selamat datang kembali saudara ku.....!
kedatangan anda kembali di forum membawa angin segar yg disertai dgn informasi yg sangat menarik!
namun untuk kesekian kalinya, lagi2 kami dari pertengahan Sulawesi hanya bisa berucap dan berdoa smoga acaranya sukses dan aman.... :)

titip salam buat rekans di Ambon
dari saudaramu se-Bangsa dan se-Tanah Air.. :mrgreen:
Moderator
Registered: Apr 2011
Posts: 818
Location: Ambon

iLagaligo wrote
selamat datang kembali saudara ku.....!
kedatangan anda kembali di forum membawa angin segar yg disertai dgn informasi yg sangat menarik!
namun untuk kesekian kalinya, lagi2 kami dari pertengahan Sulawesi hanya bisa berucap dan berdoa smoga acaranya sukses dan aman.... :)

titip salam buat rekans di Ambon
dari saudaramu se-Bangsa dan se-Tanah Air.. :mrgreen:


Hahaha.. iyah nih bang, sebenernya sungkan juga mau posting karena udah jarang2 hadir di Forum.. tapi yah kangen sharing2 disini jadi hadir dan bawa info saja deh :D

Semoga suatu saat nanti, member NG yang bertebaran di seluruh Indonesia bisa bikin satu acara yang walaupun tidak bersama2 tapi serentak di Seluruh Indonesia. keren mungkin yah.

:)

Amin.. terima kasih doanya dan salam juga bang buat teman2 disana.
Member
Registered: Aug 2011
Posts: 1
Location: Ambon

akhirnya bisa buka lapak disini :)

pertama-tama saya ucapkan selamat dulu buat yg ngepost karena dapat kehormatan sebagai "orang pertama" yang postingannya saya komentarin. *belah duren disni boo* haahaa

eniwei, napak tilas ini ada tour guidenya tidak? kalo tak ada, ane siap nawarin diri.
Moderator
Registered: Apr 2011
Posts: 818
Location: Ambon

iki.. lapor ke room maluku sanah dulu.. :))

Post Reply

Page: 1