Forum National Geographic Indonesia » Lounge » Arah Utara mata Angin, selalu ke atas?

Arah Utara mata Angin, selalu ke atas?

Bagikan:

Moderators: Administrator, alexpangestu, almascatie, christ, iLagaligo, kuma, Mr.Ngaliman, nurinuriii, purwoshop, raimaster, Ruli Amrullah, siary, sigid kurniawan, widhibek.

Post Reply

Page: 1

Author Post
Member
Registered: Mar 2011
Posts: 611
Location: 48 M 706549 9316626

Kita sering liat peta, dan arah mata angin selalu menunjukkan arah utara ke atas, tapi sekarang tidak selalu.
Apakah memang arah utara selalu menujukkan ke atas?

User posted image

Mohon pencerahannya
Moderator
Registered: Aug 2010
Posts: 334
Location: Ciputat, Tanerang Selatan - Jakarta PP

saya bingung dgn pertanyaannya. maaf, sepertinya ada kerancuan logika bahasa dalam kalimat bapak.
kalau saya sering melihat peta, arah utara pada mata angin memang selalu digambarkan ke atas. namun sekarang tidak. apakah arah utara selalu digambarkan ke atas? hampir selalu.
logikanya begini, dahulu pasangan peta adalah kompas. makanya gambar arah mata angin di peta adalah gambar jarum kompas. saat baca peta, satu tangan pegang peta satu lg pegang kompas. pertama, lihat kompas ikuti jarumnya ketemu arah utara.. buka peta sesuaikan.. enak to baca keterangan2 di petanya? kalo utara digambar ke bwh anda pasti repot baca petanya. '
nah! kalo sekarang pasangan peta adalah gps.. apakah berbeda? dan kalo kita pakai peta digital+penunjuk rute apakah masih diperlukan arah mata angin?
astrajingga wrote
Kita sering liat peta, dan arah mata angin selalu menunjukkan arah utara ke atas, tapi sekarang tidak selalu.
Apakah memang arah utara selalu menujukkan ke atas?

User posted image

Mohon pencerahannya
Member
Registered: Nov 2010
Posts: 500
Location: Bangka Island - Bandung, West Java

cupicuk wrote
saya bingung dgn pertanyaannya. maaf, sepertinya ada kerancuan logika bahasa dalam kalimat bapak.
kalau saya sering melihat peta, arah utara pada mata angin memang selalu digambarkan ke atas. namun sekarang tidak. apakah arah utara selalu digambarkan ke atas? hampir selalu.
logikanya begini, dahulu pasangan peta adalah kompas. makanya gambar arah mata angin di peta adalah gambar jarum kompas. saat baca peta, satu tangan pegang peta satu lg pegang kompas. pertama, lihat kompas ikuti jarumnya ketemu arah utara.. buka peta sesuaikan.. enak to baca keterangan2 di petanya? kalo utara digambar ke bwh anda pasti repot baca petanya. '
nah! kalo sekarang pasangan peta adalah gps.. apakah berbeda? dan kalo kita pakai peta digital+penunjuk rute apakah masih diperlukan arah mata angin?


emang bener juga jawaban bang cupicuk, kita melihat utara menunjukkan ke atas kebanyakan di peta karena emang sampe sekarang temennya peta itu kompas juga, alasan lain juga ya karena kita mandang peta dari atas...kalo kenyataan kita berdiri terus utara nya kan gak keatas tapi ke depan, karena kalo ke atas kan bingung gimana jalannya :P
Member
Registered: Apr 2009
Posts: 991
Location: Jakarta, ID

kalo ga salah ini ada dalam pelajaran sejarah/geografi, arah utara ditunjukkan diatas gambar peta oleh bangsa romawi.
tapi takutnya salah kasih penjelasan nunggu yg aheli yg jawab ah ;)
kartografernya NG jagonya ginian neh
_______________
Forum NGI Mobile
Moderator
Registered: Aug 2010
Posts: 334
Location: Ciputat, Tanerang Selatan - Jakarta PP

ternyata menarik juga kalau baca sejarahnya....

apalagi tentang reversed map/ Upside-Down map / South-Up map. menarik karena pada peta versi ini posisi indonesia ada di central! hehehhe... harusnya orang indonesia mengadopsi peta ini!

*loncat ke australi/NZ untuk berburu peta versi ini!!!
Moderator
Registered: Dec 2010
Posts: 368
Location: Central Sulawesi

ga ngerti :(
kaburrrrr :lol:
Member
Registered: Apr 2011
Posts: 931
Location: Bandung

wah wah yang tau sejarahnya coba tolong di share kan..menarik banget :mrgreen:
Member
Registered: Nov 2010
Posts: 500
Location: Bangka Island - Bandung, West Java

iLagaligo wrote
ga ngerti :(
kaburrrrr :lol:


jangan kabur dunk...nongkrong aja biar ngerti kalo nggak bantu searching sumber ato dll :D
Member
Registered: May 2011
Posts: 470
Location: Yogyakarta - Jakarta - Kalimantan

cupicuk wrote
ternyata menarik juga kalau baca sejarahnya....

apalagi tentang reversed map/ Upside-Down map / South-Up map. menarik karena pada peta versi ini posisi indonesia ada di central! hehehhe... harusnya orang indonesia mengadopsi peta ini!

*loncat ke australi/NZ untuk berburu peta versi ini!!!


waduuuh... apa lagi tu om.. :D
Member
Registered: Nov 2010
Posts: 500
Location: Bangka Island - Bandung, West Java

Diska.dwg wrote
waduuuh... apa lagi tu om.. :D


iya nih dah di tanya mbah gugel masih belum ngerti... :D
Moderator
Registered: Aug 2010
Posts: 334
Location: Ciputat, Tanerang Selatan - Jakarta PP

Moderator
Registered: Apr 2011
Posts: 820
Location: Ambon

utara itu biasa nunjuk ke atas.. kalo nunjuk ke bawah berarti artinya dunia kebalik *dihajar massa*

*ikut menyimak sajalah*

Post Reply

Page: 1