5 Manfaat Sehat Tidur Menggunakan Kaus Kaki
2018 / April / 11   09:53

5 Manfaat Sehat Tidur Menggunakan Kaus Kaki

Banyak orang mencari cara untuk menjaga kenyamanan tidurnya, misalnya dengan menggunakan kaus kaki. Apa sajakah manfaat dari kebiasaan tersebut?

5 Manfaat Sehat Tidur Menggunakan Kaus KakiIlustrasi (Thinkstock)

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk istirahat sehingga esok paginya Anda bisa kembali beraktivitas. Tidur berkaitan dengan fungsi tubuh secara keseluruhan, mulai dari kesehatan kulit hingga otak. Untuk itu, banyak orang yang mencari cara untuk menjaga kenyamanan tidurnya, misalnya dengan menggunakan kaus kaki. Namun, adakah manfaat tidur pakai kaus kaki untuk tubuh? Yuk, cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Manfaat tidur pakai kaus kaki

Kaus kaki biasanya digunakan sebagai alas ketika menggunakan sepatu atau ketika berada dalam rumah. Nah, kaus kaki juga sering digunakan orang-orang selama tidur sebagai salah satu cara untuk menghangatkan tubuh. Secara sederhana, menggunakan kaus kaki memang membuat kaki hangat. Namun, adakah manfaat lainnya? Berikut adalah lima manfaat tidur pakai kaus kaki.

1. Membantu mengatur suhu tubuh inti

Kamar yang terlalu dingin bisa bikin tidur tidak nyenyak. Anda menjadi lebih banyak bergerak, baik untuk membetulkan kembali selimut atau bolak-balik untuk buang air kecil. Selain itu, udara dingin menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih sempit.

(Baca juga: Pro Kontra Terapi Cuci Otak yang Dilakukan Dokter Terawan)

Cara termudah dan paling aman menjaga kehangatan kaki saat tidur adalah dengan menggunakan kaus kaki. Tubuh Anda pun akan terasa lebih hangat. Rasa hangat yang dihasilkan bisa memicu respon vasodilatasi, yaitu pembuluh darah yang tadinya menyempit akan melebar.

2. Membantu tidur lebih cepat

Suhu tubuh akan terus meningkat secara bertahap dari pagi hari dan akan memuncak pada siang hari saat Anda menjadi lebih terjaga dan waspada. Kemudian, suhu tubuh akan mulai menurun menjelang malam. Suhu ini memengaruhi jam biologis tubuh yang mengendalikan waktu tidur sehingga membuat seseorang merasa mengantuk dan lebih cepat tidur. Jadi, saat seseorang mulai tertidur, suhu tubuh akan menurun sebanyak satu hingga dua derajat Celsius.

Dikutip dari WebMD, sebuah organisasi Nation Sleep Foundation menguak bahwa menghangatkan kaki sebelum tidur membantu memberi otak Anda bahwa sekarang sudah waktunya tidur. Jadi, orang yang susah tidur bisa menggunakan kaus kaki selama tidur untuk membantu tubuh mengatur suhu sehingga lebih cepat tidur.

3. Mencegah hot flashes

Hot flashes atau wajah memerah banyak terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Ini terjadi karena fluktuasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang memengaruhi suhu tubuh. Gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Menggunakan kaus kaki selama tidur mampu menstabilkan suhu tubuh inti, termasuk mencegah hot flashes terjadi.

4. Seks menjadi lebih baik

Dalam berhubungan seksual, tidak semua pasangan merasakan orgasme. Orgasme adalah titik puncak saat berhubungan seksual yang menimbulkan sensasi kenikmatan. Sebuah studi yang diterbitkan pada BBC tahun 2005 menemukan bahwa pasangan yang mengenakan kaus kaki di tempat tidur lebih mungkin untuk orgasme saat berhubungan seks.

(Baca juga: Diet Thonon Dapat Turunkan 5 Kg Berat Badan dalam 2 Minggu, Amankah?)

5. Mengurangi gejala serangan Raynaud

Raynaud adalah suatu kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di kulit saat kedinginan atau stres. Selama serangan, aliran darah ke tangan atau kaki menjadi berkurang sehingga mati rasa dan kulit berubah warna menjadi biru atau putih. Karena pemicu terjadinya serangan adalah udara dingin, pakai kaus kaki selama tidur membantu mengurangi gejala.

Pilih kaus kaki yang terbuat dari serat lembut alami seperti wol merino atau kasmir adalah yang paling bagus untuk menjaga kehangatan. Pastikan ukurannya tidak terlalu sempit yang akan menghambat sirkulasi pada kaki. Bersihkan kaki Anda terlebih dahulu dan oleskan pelembap sambil memijat lembut kaki sebelum menggunakan kaus kaki.

Namun, bila kaki Anda terasa sangat panas, jangan paksakan untuk terus menggunakan kaus kaki. Anda bisa melepaskannya dan menutupi kaki Anda dengan selimut.

Artikel ini pernah tayang di hellosehat.com. Baca artikel sumber

(Aprinda Puji/hellosehat.com)

KOMENTAR