Negara-negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2018
2018 / Maret / 20   12:33

Negara-negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2018

Para pendatang memiliki tingkat kebahagiaan tertinggi di Skandinavia. Berikut negara-negara paling bahagia tahun 2018 menurut World Happiness Report PBB 2018.

Negara-negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2018Orang Finlandia memiliki karakteristik yaitu waktu berendam yang lama. Diperkirakan ada dua juta sauna di negara ini dengan populasi 5,3 juta. Finlandia juga memiliki para pendatang paling bahagia, menurut catatan terbaru tahun ini. (Pawel Gaul, Getty Images)

Apa yang membuat suatu negara bahagia? Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mempertimbangkan jawabannya melalui World Happiness Report 2018, dengan total 156 negara. Menurut laporan, kunci dari negara yang bahagia antara lain umur yang panjang dengan pola hidup yang sehat, banyaknya dukungan sosial, kepercayaan pada pemerintah, pendapatan perkapita yang lebih tinggi, dan kedermawanan.

Daftar tahun ini mencatat adanya 10 negara teratas yang sama dengan tahun 2017. Namun, beberapa negara berhasil menaiki peringkat yang lebih atas, dan ada pula yang turun peringkat. Finlandia, misalnya, berhasil menduduki peringkat pertama awal tahun ini, merebut gelar yang dimiliki Noregia sebelumnya. Finlandia juga memiliki para pendatang yang paling bahagia, berdasarkan catatan baru laporan tahun ini.

Artikel terkait: Inilah Negara-negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2017

Sementara pengalaman wisatawan tidak dipertimbangkan secara spesifik, laporan tersebut menetapkan standar untuk tempat-tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Lagipula, bukankah senyum itu menular?

Inilah negara-negara paling bahagia di dunia dan sebagian dari apa yang membuat mereka unik.

10. Australia

Dari pesisir pantai Bondi yang ...Dari pesisir pantai Bondi yang padat hingga tempat persembunyian yang tenang di sepanjang Great Ocean Road, Australia memiliki 10.685 pantai. (Dallas And John Heaton, Aurora)

9. Swedia

Di Swedia, coffee break adalah ...Di Swedia, coffee break adalah hal yang sakral. Orang Swedia mengukir waktu setiap hari untuk memperlambat dan menikmati fika, waktu bersantai dengan hidangan minuman yang bisa dilakukan sendirian maupun dengan rekan perusahaan. (Alex Holland)

8. Selandia Baru

Tidak ada bagian dari negara ...Tidak ada bagian dari negara kepulauan ini yang berada lebih dari 79 mil (128km) dari laut. Selandia Baru juga merupakan rumah bagi spesies penguin unik, termasuk penguin bermata kuning, Penguin Crested Fiordland yang langka, dan penguin biru kecil yang merupakan penguin terkecil di dunia. (Ian Trower, Aurora)

7. Kanada

Hutan Kanada mewakili 30 persen ...Hutan Kanada mewakili 30 persen hutan boreal dunia dan 10 persen hutan secara keseluruhan di dunia. Tidak mengherankan, kualitas udara Kanada termasuk yang terbaik di dunia. (David Hanson, Aurora)

6. Belanda

Amsterdam memiliki 1281 ...Amsterdam memiliki 1.281 jembatan, tiga kali lipat dari Venesia. (Nature's Beauty/Aurora)

5. Swiss

Menurut International Cocoa ...Menurut International Cocoa Organization, orang Swiss memakan sekitar 25 kilogram (11 kg) coklat setahun. (Alex Robinson)

4. Islandia

Negara ini dikenal sebagai ...Negara ini dikenal sebagai "Tanah Api dan Es" karena gletser dan gunung berapi yang membentuk bentang alam. Vatnajökull Islandia—gletser terbesar di Eropa—merupakan sepotong es seukuran Puerto Riko. (Gavin Hellier)

3. Denmark

Kota Kopenhagen dibangun untuk ...Kota Kopenhagen dibangun untuk pengendara sepeda. Sepertiga orang Kopenhagen melakukan perjalanan sehari-hari dengan kecepatan 217 mil (350 km) dari jalur dan jalanan yang membentang di seluruh kota. (Jon Arnold, Aurora)

2. Norwegia

Norwegia adalah tujuan utama ...Norwegia adalah tujuan utama para pelancong untuk menyaksikan aurora borealis. Di zaman kuno, orang percaya bahwa aurora dikirim dari para dewa. (Nicolas Armer, Aurora)

1. Finlandia

Orang Finlandia memiliki ...Orang Finlandia memiliki karakteristik yaitu waktu berendam yang lama. Diperkirakan ada dua juta sauna di negara ini dengan populasi 5,3 juta. Finlandia juga memiliki para pendatang paling bahagia, menurut catatan terbaru tahun ini. (Pawel Gaul, Getty Images)

(Citra Anastasia. Sumber: Gulnaz Khan dan Christine Blau/National Geographic)

KOMENTAR