7 Cara Mudah Menjalani Hidup Agar Tidak Terlalu Stres
2018 / Maret / 29   17:16

7 Cara Mudah Menjalani Hidup Agar Tidak Terlalu Stres

Stres dalam hidup tidak bisa dihindari. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadarnya dan membuat hidup lebih ringan.

7 Cara Mudah Menjalani Hidup Agar Tidak Terlalu StresPaparan sinar matahari yang cukup juga dapat membantu tubuh lebih banyak memproduksi hormon mood bahagia serotonin yang ikut meningkatkan semangat dan motivasi untuk hidup sehat. (Thinkstock)

Kita semua pasti sering mengalami stres. Namun, bayangkan apabila kita bisa mengurangi kadar stres dengan tindakan kecil nan simpel? Tujuh teknik di bawah ini bisa membantu Anda mengurangi stres dalam hidup. Bahkan, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidur dan bangun lebih cepat

Tidur sangat penting untuk kesehatan. Tidur dan bangun lebih cepat membuat Anda lebih siap menyambut hari. Jika pagi Anda sudah semrawut, ada kemungkinan sepanjang hari akan berjalan sama seperti itu. Untuk mencegahnya, sediakan sedikit waktu di pagi hari untuk rileks.

Anda bisa menyiapkan kebutuhan esok di malam harinya. Dengan begitu, waktu di pagi hari bisa digunakan untuk melakukan sesuatu yang disuka. Misalnya, membaca, menulis, meditasi, dan sebagainya.

(Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat)

Membuat daftar kegiatan

Mulai hari dengan membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan. Ini membantu Anda tetap terorganisir. Anda tahu apa saja yang harus segera dilakukan tanpa mesti menunggu esok hari. Juga memberikan kepuasan tersendiri apabila berhasil menyelesaikannya.

Jangan khawatir terhadap apa yang tidak bisa dikontrol

Rasa cemas menyedot banyak energi dan waktu. Jangan sia-siakan waktu untuk mengkhawatirkan hal yang tidak bisa Anda kontrol. Seberapa pun kita sering cemas, tidak akan mengubah situasinya.

Namun, jika memang keadaannya masih bisa Anda kontrol, sebaiknya fokuskan pikiran kepada solusi dibanding masalahnya. Saat Anda memfokuskan energi kepada masalah, yang terjadi justru semakin rumit dan sulit diselesaikan, Berbeda ketika Anda mengalihkan pikiran ke solusi, masalah jadi terasa lebih mudah untuk diatasi.

Belajar mengatakan ‘tidak’

Salah satu cara kuat untuk mengurangi stres adalah dengan berani mengatakan ‘tidak’ pada hal-hal yang tak ingin Anda lakukan. Memberikan tekanan kepada diri sendiri bisa mengarahkan Anda pada stres yang tak perlu.

Membatasi distraksi

Ambil waktu sejenak untuk merefleksikan bagaimana Anda menghabiskan minggu lalu. Apakah ada distraksi yang bisa dihindari? Apakah Anda menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengecek Facebook dan berselancar di dunia maya?

Identifikasi hal-hal yang mengganggu aktivitas utama Anda. Jika sudah menemukan kebiasaan tersebut, lihat apakah Anda bisa membuat perubahan. Misalnya, jika Anda menghabiskan waktu lima jam di media sosial, cobalah untuk mengurangi hingga setengahnya. Sisa waktu itu bisa digunakan melakukan hobi yang membuat kita senang.

Makan dengan benar

Nutrisi buruk membuat tubuh sulit beradaptasi dengan stres. Ketika Anda memberi asupan tubuh makanan sehat, itu akan memberikan Anda energi untuk melewati hari. Jika belum melakukannya, mulailah dengan sayur-sayuran, buah, protein, lemak sehat, dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk minum banyak air yang bermanfaat memulihkan energi dan fungsi tubuh.

(Baca juga: Tips Makan Banyak Tanpa Takut Gemuk)

Hindari makanan cepat saji, berproses dan yang mengandung pengawet. Termasuk pewarna dan perasa buatan.

Bersyukur

Salah satu cara termudah untuk mengeliminasi stres adalah dengan mensyukuri semua kesempatan dan pengalaman dalam hidup. Di akhir hari, coba pikirkan, “apa hal terbaik yang terjadi hari ini?”.

Itulah tujuh cara mudah untuk mengurangi stres sehingga Anda bisa menjalani hari dengan lebih ringan.

(Sumber: Huffingtonpost)

KOMENTAR