Waspada Cuaca Buruk Akibat Sirkulasi Siklonik
2018 / Februari / 6   10:12

Waspada Cuaca Buruk Akibat Sirkulasi Siklonik

Menurut BMKG, akan terjadi hujan lebat dan angin kencang hingga Rabu (7/2) mendatang. Ini disebabkan oleh sirkulasi siklonik.

Waspada Cuaca Buruk Akibat Sirkulasi SiklonikPeringatan dini cuaca BMKG. (Kompas.com)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir di sejumlah wilayah Indonesia. Fenomena ini akan terjadi dari Senin (05/02/2018) hingga Rabu (07/02/2018).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (05/02/2018), cuaca buruk ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik di perairan timur Filipina dan Samudera Hindia barat daya Sumatera.

Sirkulasi siklonik merupakan pusaran angin yang memicu massa udara atau uap air sebagai faktor utama pembentuk awan akan bergerak ke arahnya. Hal ini menyebabkan daerah yang berada di sekitar sirkulasi tersebut memiliki potensi pertumbuhan awan signifikan sehingga perlu diwaspadai menimbulkan hujan lebat dan cuaca ekstrem.

(Baca juga: Bendung Katulampa Siaga Satu, Sejumlah Kawasan di Jakarta Terancam Banjir)

Untuk kali ini, konvergensi (pertemuan) kedua sirkulasi siklonik tersebut terbentuk memanjang dari perairan barat Lampung hingga perairan utara Jawa Timur dan dari Kalimantan Barat bagian selatan hingga Kalimantan Selatan. Selain itu, belokan anginnya terjadi di wilayah perairan barat Sumatera, Laut Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, Laut Sulawesi, dan Laut Arafuru.

Hal tersebut menyebabkan sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur hujan lebat hingga hujan lebat disertai dengan angin kecang, kilat/petir.

Pada Senin (05/02/2018) misalnya, hujan lebat akan mengguyur wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah dan selatan, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai dengan angin kencang, kilat/petir adalah Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, NTB, Papua Barat, dan Papua bagian utara.

Keesokan harinya, Selasa (06/02/2018), hujan lebat masih akan mengguyur Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat.

Hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir juga akan menyambangi Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, NTB, dan Papua bagian Tengah pada Selasa (06/02/2018).

(Baca juga: Diguyur Hujan Lebat, 4 Titik Kawasan Puncak Bogor Longsor)

Rabu (07/02/2018), hujan lebat diperkirakan masih akan dialami oleh masyarakat di Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah dan utara, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sedangkan wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang serta kilat/petir adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, NTB, Papua Barat, dan Papua bagian Tengah.

Selain itu, beberapa wilayah juga diharapkan mewaspadai gelombang tinggi di Selat Lombok, Selat Alas, dan perairan salatan NTB, NTT bagian selatan hingga barat, dan Bali.

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com. Baca artikel sumber

(Resa Eka Ayu Sartika/Kompas.com)

KOMENTAR