Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein
2018 / Januari / 3   17:03

Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein

Berkembangnya diet rendah karbo membuat orang mengutamakan asupan lemak dan protein. Sayangnya, konsumsinya yang berlebihan memberikan efek buruk pada tubuh.

Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi ProteinDiet protein (Ilustrasi, Thinkstockphoto)

Protein merupakan senyawa penting dalam membentuk tubuh. Tidak hanya mempengaruhi otot, tapi juga keseluruhan fungsi tubuh. Meskipun begitu, protein tidak seharusnya dikonsumsi berlebihan. Apabila terlalu banyak makan protein, Anda pasti merasakan beberapa perubahan pada tubuh. Berikut di antaranya:

Bau mulut

Ini sering terjadi pada orang-orang yang mengalami diet keto. Karena dietnya berpusat pada tinggi protein, tubuh akan menggunakan lemak dalam tubuh sebagai bahan bakar energi. ‘Bahan bakar’ ini lalu memproduksi keton yang menyebabkan mulut.

Perubahan mood

Salah satu tanda klasik terlalu banyak mengonsumsi protein adalah perubahan mood. Dalam usaha kita makan protein, kita jadi mengabaikan karbohidrat sama sekali. Padahal, karbohidrat yang berubah menjadi glukosa akan memproduksi energi dalam tubuh. Jika tidak ada energi yang diproduksi, maka otak kita akan mengirimkan ‘sinyal penderitaan’ yang membuat mood kita jadi buruk.

(Baca juga: Lima Jenis Teh yang Efektif Turunkan Berat Badan)

Tidak fokus

Jika Anda sedang berada di kantor dan merasa susah fokus, bisa jadi penyebabnya adalah protein yang berlebihan. Kurangnya asupan karbohidrat membuat tubuh kurang energi dan cepat lelah.

Hangry

Hangry merupakan istilah untuk menggambarkan keadaan saat kita sangat lapar sehingga menjadi mudah marah. Ketika tubuh membutuhkan makanan, ia meminta karbohidrat, lemak, serat, protein, vitamin dan mineral. Jika dalam keadaan lapar, kita hanya makan protein, maka kemungkinan besar akan merasakan hangry karena kebutuhan tubuh tidak terpenuhi dengan baik.

Gangguan pencernaan

Terlalu banyak megonsumsi protein juga mempengaruhi pencernaan kita. Kurangnya serat membuat kita merasa ‘berat’. Perut pun sering kembung.

Sering haus

Karena ginjal bekerja terlalu keras untuk menyingkirkan protein berlebih yang dikonsumsi, akhirnya kita merasa dehidrasi. Jika Anda sering merasa haus, kemungkinan besar penyebabnya adalah ini. 

(Sumber: Times of India)

KOMENTAR