Resolusi Paling Populer di 2018
2018 / Januari / 4   10:16

Resolusi Paling Populer di 2018

Di awal tahun, banyak orang membuat resolusi yang ingin dicapai. Menurut survei dari YouGOv, inilah resolusi paling populer untuk tahun 2018.

Resolusi Paling Populer di 2018Pergantian tahun seringkali dijadikan sebagai titik perubahan seseorang. (Thinkstock)

Tahun 2018 telah tiba dan sudah menjadi kebiasaan banyak orang di berbagai belahan dunia untuk membuat resolusi yang akan dipenuhi di tahun mendatang.

Ada banyak resolusi yang ingin dicapai, mulai dari janji untuk diet, lebih akrab dengan keluarga, rutin berolahraga, dan berbagai hal lainnya demi kebaikan diri.

Dan menurut survei dari YouGOv, inilah resolusi paling populer untuk tahun 2018 ini.

  1. Makan lebih sehat
  2. Lebih rajin olahraga
  3. Berhemat
  4. Menjaga diri dengan baik (contohnya cukup tidur)
  5. Baca lebih banyak buku
  6. Belajar hal baru
  7. Mendapat pekerjaan baru
  8. Mendapatkan teman baru
  9. Memiliki hobi baru
  10. Tampil lebih menarik

Daftar tersebut ditemukan setelah YouGov meneliti resolusi sekitar 1170 orang dewasa.

(Baca juga: Daya Tarik Teori Konspirasi)

Namun, berdasarkan jajak pendapat dari Bupa, setelah meneliti 2000 orang dewasa, ternyata hanya separuh dari mereka yang berhasil melaksanakan resolusinya. Ada beberapa faktor yang membuat resolusi tidak dapat tercapai.

Mencapai resolusi

Apapun resolusi Anda, cobalah untuk memecahnya menjadi beberapa langkah kecil untuk mencapainya.

Misalnya, jika Anda memiliki resolusi untuk lebih rajin berolahraga, jangan langsung mencobanya dengan berolahraga 5 kali dalam seminggu. Anda juga tidak perlu buru-buru untuk mendaftar sebagai anggota gym.

Cobalah untuk berjalan kaki selama 30 menit atau melakukan jogging sebelum pergi kerja atau seusai kerja dalam 3 kali selama seminggu.

Anda juga bisa melakukan olahraga sendiri di rumah selama 30 menit.

Cara ini akan membuat Anda terbiasa berolahraga, sehingga Anda dapat meningkatkan frekuensi olahraga. Jika sudah terbiasa, baru bisa mencoba untuk bergabung dengan gym.

Jika Anda memiliki resolusi untuk tidur lebih cukup, cobalah untuk tidur satu jam lebih awal dari biasanya. Anda tidak mungkin bisa melakukannya dengan langsung mencoba tidur 8 jam setiap hari.

Teruslah tingkatkan hal tersebut sampai tujuan Anda tercapai. Ingatlah pepatah lama yang mengatakan 'sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit'.

Cara ini juga bisa Anda lakukan jika berhemat menjadi salah satu resolusi tahun ini.

Anda memang tidak bisa mengubah secara drastis kebiasaan belanja. Namun, cukup dengan melakukan perubahan kecil akan membuat perbedaan yang nyata.

(Baca juga: Enam ‘Superfood’ yang Akan Menjadi Tren di 2018)

Namun, jika Anda memiliki resolusi yang lebih besar seperti menemukan pekerjaan baru atau mencari teman baru, ini akan membutuhkan usaha lebih banyak.

Untuk mewujudkannya, Anda perlu membuka mata lebih lebar dan meluangkan banyak waktu untuk mendaftar pekerjaan dan bersosialisi.

Teman baru memang sulit dicari jika Anda tinggal di kota besar.Tapi, Anda bisa mencoba untuk bergabung dengan komunitas atau klub tertentu untuk memperluas pergaulan dan menemukan orang-orang dengan pikiran atau hobi yang sama.

Resolusi tahun baru bukan hal yang sulit dilakukan. Kita hanya perlu menyisihkan waktu 20 menit sehari untuk bekerja demi mencapai resolusi Anda.

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com. Baca artikel sumber

(Ariska Puspita Anggraini/Kompas.com)

KOMENTAR