Pertama Kali Dalam Sejarah, Ribuan Astronom Amatir Temukan Galaksi Baru
2018 / Januari / 23   22:46

Pertama Kali Dalam Sejarah, Ribuan Astronom Amatir Temukan Galaksi Baru

Dalam 48 jam, sebanyak 10.000 astronom amatir dan astronom profesional telah bergabung dalam penelitian ini dan mengklasifikasikan 2 juta sistem.

Pertama Kali Dalam Sejarah, Ribuan Astronom Amatir Temukan Galaksi BaruK2-138, galaksi multi planet pertama yang ditemukan oleh astronom amatir. (NASA)

Selama tiga tahun lamanya, teleskop Kepler Space milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengamati 287.309 bintang.

Teleskop ini juga menemukan 44 planet berukuran seperti jupiter, 72 planet seukuran neptunus, 44 planet seukuran bumi, dan ada 53 planet yang disebut bumi super. Bumi super adalah sebutan bagi planet yang memiliki massa lebih besar dari bumi, tetapi lebih kecil dari neptunus.

Namun, temuan yang paling menarik adalah K2-138, sebuah galaksi berjarak 620 juta tahun cahaya dari bumi dengan lima exoplanet "sub-neptunus" yang ukurannya di antara bumi dan neptunus.

K2-138 merupakan yang pertama dalam sejarah untuk ditemukan oleh para astronom.

Baca juga: Menelisik Atmosfer di Planet Bumi Super 55 Cancri e

Ceritanya, setelah terjadi kerusakan perangkat lunak, para ilmuwan harus menyisir data yang sudah dikumpulkan teleskop Kepler Space secara manual.

Untuk mempersingkat penelitian ini, diluncurkanlah sebuah proyek crowdsourcing bernama Zooniverse Exoplanet Explorers.

Dalam 48 jam, sebanyak 10.000 astronom amatir dan astronom profesional telah bergabung dalam penelitian ini dan mengklasifikasikan 2 juta sistem.

Lalu dalam tiga hari, mereka berhasil mengidentifikasikan K2-138.

K2-138

K2 sendiri merupakan simbol bahwa misi ini merupakan bagian dari misi K2 yang menggunakan teleskop Kepler Space milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA)

Anggota kolaborasi K2 di Institut Teknologi California (Caltech) Jessie Christensen berkata bahwa beberapa teori yang ada menunjukkan bahwa planet terbentuk oleh hamburan batu dan gas yang kacau dan materi lain pada tahap awal kehidupan sistem planet.

"Namun, teori-teori ini tidak mungkin menghasilkan sistem yang padat dan tertata rapi seperti K2-138. Menariknya, kami menemukan sistem yang tidak biasa ini dibantu oleh masyarakat umum," ujarnya.

Baca juga: Kepler-90, Planet Ekstrasurya Temuan NASA yang Mirip Bumi

Seperti diberitakan dalam NASA Space Flight, Sabtu (20/1/2018), kelima planet yang ditemukan itu diberi nama K2-138b, K2-138c, K2-138d, K2-138e, dan K2-138f.

Tidak hanya lima, kemungkinan ada satu lagi planet dalam galaksi tersebut. Exoplanet yang belum dikonfirmasi ini kemungkinan mengorbit pada bintangnya selama 42 hari. Jika nanti planet tersebut dikonfirmasi, maka akan diberi nama K2-138g.

Planet-planet dalam sistem K2-138 disebut memiliki permukaan yang berbatu dan memiliki kisaran jari-jari planet seluas 1,6 sampai 3,3 kali jari-jari bumi. Dengan begitu, kelimanya bisa disebut sebagai bumi super.

Temuan ini telah dipublikasikan di Astrophysical Journal dan dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com. Baca artikel sumber.

(Gloria Setyvani Putri/Kompas.com)

KOMENTAR