Menilik Pohon Tertinggi Seantero Bumi di Humboldt Redwoods State Park
2018 / Januari / 5   12:57

Menilik Pohon Tertinggi Seantero Bumi di Humboldt Redwoods State Park

Dari lembah yang subur dan berangin hingga garis pantai biru safir, hutan purba California telah menjadi “fosil hidup” di Bumi.

Menilik Pohon Tertinggi Seantero Bumi di Humboldt Redwoods State ParkSalah satu taman redwood pertama di California, Richardson Grove State Park, yang didirikan pada tahun 1922. Taman ini adalah rumah bagi coast redwood yang memiliki tinggi lebih dari 300 kaki, dan sebuah sungai nasional di mana pengunjung dapat berenang maupun mencari ikan. (Emily Polar)

Terbentang di sepanjang Pantai Utara California, blok hutan penebangan kayu besar yang masih bertahan lama di Bumi ini tampak menjorok ke langit.

Pohon coast redwood California (Squoia sempervirens) dapat tumbuh lebih dari 300 kaki dan hidup di atas 2.000 tahun. Tubuh raksasa dan umur panjang mereka disebabkan oleh kulit kayu dan bagian dalam pohon yang kaya akan polifenol, yang membuat mereka tahan terhadap serangga dan jamur berbahaya. Iklim pesisir juga menciptakan selubung kabut tebal di atas hutan, memberikan sumber kelembaban dan ketahanan api yang konstan.

Humboldt Redwood State Park ...Humboldt Redwood State Park bermandikan cahaya emas matahari. Sepertiga dari taman (sekitar 17.000 hektar) adalah hutan redwood tua—hutan terbesar yang ada di planet ini. (Emily Polar)

Pada tahun 1848, Amerika Serikat mengambil kendali pada California, dan menemukan emas segera setelahnya. Ribuan orang membanjiri negara bagian tersebut untuk mencari kekayaan, dan industri penebangan menggunakan kesempatan itu dengan memanfaatkan "sequoia emas" untuk membangun rumah dan infrastruktur.

Pada tahun 1920, Save the Redwoods League mulai mengakuisisi dan melestarikan hutan-hutan. 48 tahun kemudian, Redwood National Park didirikan, dan pada tahun 1980 situs ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Setelah lebih dari satu abad terjadi eksploitasi secara terus menerus, hutan-hutan tua yang tersisa mewakili kurang dari lima persen dari dua juta acre asli.

Inisial, tanggal, dan simbol ...Inisial, tanggal, dan simbol diukir di kulit pohon redwood yang tumbang. (Emily Polar)

Terlepas dari status mereka yang dilindungi, ancaman terhadap kelangsungan hidup terus berkembang. Menurut Save the Redwoods League, "Redwood—raksasa purba Bumi—berdiri di persimpangan jalan yang baru pada perubahan lingkungan, di mana urbanisasi, fragmentasi habitat, polusi, spesies invasif dan perubahan iklim mengancam mereka dengan cara yang belum mereka alami dalam sejarah panjang mereka di planet ini.”

Simak potret-potret megah pohon redwood lainnya pada halaman selanjutnya.

KOMENTAR