Mengatasi Gangguan Kecemasan dengan Bantuan Alam
2018 / Januari / 4   17:48

Mengatasi Gangguan Kecemasan dengan Bantuan Alam

Rasa panik dan cemas bisa disembuhkan dengan bantuan alam. Mari terapkan kebiasaan-kebiasaan ini.

Mengatasi Gangguan Kecemasan dengan Bantuan AlamAlam membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. (Hobo_08/Thinkstock)

Studi fMRI menunjukkan bahwa alam bisa merangsang pelepasan senyawa dopamin di otak yang membuat kita merasa lebih bahagia.

Penelitian lain juga menunjukkan, semakin dekat dengan lingkungan hijau, membuat kita mudah terhindar dari stres.

Menenggelamkan diri pada kegiatan yang berkaitan dengan alam, mengurangi rasa takut di pusat otak, menurunkan hormon stres, detak jantung normal, dan membuat tubuh lebih rileks. Manfaat-manfaat tersebut tidak akan bisa kita dapatkan dari suplemen mana pun.

Untuk mendapatkan manfaat alam itu, kita tidak perlu pindah ke pedesaan. Ada beberapa cara simpel yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terapkan hal ini untuk mengatasi kecemasan, juga agar mental lebih sehat:

Sediakan waktu untuk alam

Sediakan waktu untuk ‘kabur’ sejenak dari hidup yang sibuk. Gunakan waktu tersebut untuk mengunjungi taman nasional, pantai atau hutan. Bisa dengan mendaki gunung, berkemah, atau menikmati spa di tempat yang berkonsep alam saat akhir pekan.

Tanaman di dalam rumah

Untuk mendapatkan suasana alam setiap hari, letakkan tanaman di dalam rumah. Atau, bisa juga dengan memajang foto dan lukisan pemandangan. Buat tubuh lebih rileks dengan mendengarkan rekaman suara alam sambil meditasi.

Berkebun

Berkebun juga menjadi salah satu cara untuk mulai dekat dengan alam. Sediakan waktu 20 menit dalam sehari untuk menanam bibit, menyiram, dan merawatnya. Saat panen, kita bisa menikmati hasilnya. Mengonsumsi makanan dari apa yang ditanam sendiri, mendekatkan kita dengan alam. Dengan begitu, kita merasa lebih terhubung.

Kunjungi pasar sayur dan buah

Seminggu sekali, kunjungi pasar tradisional. Di sana, kita bisa mendapatkan sayur dan buah-buahan segar yang bagus untuk kesehatan kita. Saat fisik berkembang dengan baik, maka mental pun juga ikut sehat.

Pergi ke luar ruangan

Berolahraga, jalan kaki, meditasi, atau sekadar bersantai di taman bisa menenangkan pikiran. Saat ini, kota-kota di berbagai negara sudah mengembangkan tamannya. Membuat kita lebih nyaman menghabiskan waktu di sana. 

(Sumber: mindbodygreen.com)

KOMENTAR