Maximón, Santo Perokok dan Peminum Alkohol yang Dihormati di Guatemala
2018 / Januari / 25   17:00

Maximón, Santo Perokok dan Peminum Alkohol yang Dihormati di Guatemala

Maximón, yang juga dikenal dengan San Simón, mewakili terang dan gelap. Ia dianggap sebagai santo yang ‘nakal’, tapi dipercaya bisa mengabulkan permintaan tabu.

Maximón, Santo Perokok dan Peminum Alkohol yang Dihormati di GuatemalaPatung Maximon. (Byron Maldonado/National Geographic)

Tersembunyi di antara lorong-lorong sempit Santiago Atitlán, Guatemala, beberapa pria berjaga di sebuah ruangan remang-remang yang dipenuhi asap rokok. Setiap hari sepanjang tahun, mereka akan mengunjungi Maximón – santo ‘nakal’ yang berasal dari kepercayaan suku Maya dan Katolik Spanyol.

Maximón, yang juga dikenal dengan nama San Simón, mewakili terang dan gelap. Ia dianggap sebagai penipu – tukang main perempuan sekaligus pelindung pasangan yang baik.

(Baca juga: Setelah 500 Tahun, Misteri Kepunahan Suku Aztec Terpecahkan)

Menurut legenda, nelayan desa yang sering bepergian untuk berdagang, meminta Maximón untuk melindungi istri yang mereka tinggalkan. Namun, ini menjadi bumerang. Maximón justru menyamar sebagai orang yang mereka cintai sehingga bisa melakukan hubungan seks.

Saat ini, patung Maximòn ditempatkan di rumah keluarga yang berbeda-beda setiap tahunnya. Tubuh kayunya mengenakan setelan pria khas wilayah tersebut dan diletakkan di atas petate, atau tikar jerami.

Menurut tradisi, patung Maximón hanya dikeluarkan pada Minggu Suci. Namun, karena tingginya permintaan dari peziarah, turis, dan cenayang, Maximón dipajang sepanjang tahun.

Mereka yang mencari mukjizat, kesehatan, dan cinta, memberikan persembahan di kuil sebagai pertukaran atas ‘pertolongan’ Maximón. Biasanya mereka memberikan alkohol, rokok linting, dan uang yang mewakili kebiasaan buruk Maximón. Cofrades atau pengunjungnya menghabiskan waktu mereka dengan merokok dan minum alkohol di samping patung Maximón. Ini dianggap sebagai cara untuk menghormati santo tersebut.

(Baca juga: Xoloitzcuintli, Anjing Sahabat Bangsa Aztec dan Maya)

Pada Minggu Suci, Maximón dibawa keluar dan berparade di sepanjang jalan. Lalu, ditempatkan di rumah lain hingga tahun depan.

Tips berkunjung: Jika Anda ingin mengunjungi Maximón, pengemudi taksi lokal akan menunjukkan tempatnya. Turis diperbolehkan untuk melihat patung Maximón, namun sediakan persembahan untuknya. 

(Gita Laras Widyaningrum. Sumber: Gulnaz Khan/National Geographic)

KOMENTAR