Enam Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengunjungi Kuil di Thailand
2018 / Januari / 29   11:00

Enam Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengunjungi Kuil di Thailand

Dari beberapa peraturan yang ada di kuil Thailand, ada beberapa hal yang cukup unik. Ini berkaitan dengan kearifan lokal warga di sana.

Enam Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengunjungi Kuil di ThailandWat Pothisomphon di Udon Thani, Thailand. (Thinkstock)

Salah satu rekomendasi wisata saat Anda ke Thailand ialah wisata budaya di kuilnya. Ragam kuilnya begitu menarik untuk dijelajahi, tapi jangan lakukan beberapa hal berikut.

Dari beberapa peraturan yang ada di kuil Thailand, ada beberapa hal yang cukup unik. Ini berkaitan dengan kearifan lokal warga di sini.

Larangan umum yang tidak boleh dilakukan saat di kuil, seperti dilarang merokok, mencuri, membawa senjata tajam, berteriak, membawa narkoba, dan lain seperti pada umumnya.

Sedangkan ada 6 peraturan khusus yang Anda harus tau dan patuhi, berikut KompasTravel rangkum, saat berkunjung bersama Tourism Authority of Thailand.

1. Menghadapkan telapak kaki ke depan

"Dalam tatakrama Budha di Thailand, telapak kaki hanya untuk dihadapkan ke tanah, atau menginjak sesuatu," ujar salah satu pemandu wisata dalam program Familiarization Trip Thailand Authority of Thailand (TAT), Khun Suree, Rabu (24/1/2018).

(Baca juga: Menziarahi Kuil Fushimi Inari)

Saat Anda duduk di kuil, sangat diperhatikan posisi telapak kaki tersebut. Telapak kaki dilarang menghadap ke depan, atau ke arah Budha.

Posisi duduk seperti selonjor amat dilarang. Paling baik, jika posisi duduk dengan telapak kaki menghadap ke belakang.

2. Memakai topi

Selayaknya tata krama di Indonesia yang kurang sopan mengenakan topi di dalam ruangan, di sana bahkan sudah menjadi larangan.

Dalam papan pemberitahuan kuil, wisatawan dilarang mengenakan topi, juga ikat kepala.

3. Memanjat

Memanjat bangunan untuk duduk ataupun berfoto di kuil hingga candinya amat dilarang. Tak hanya akan membuat bangunan rusak, tetapi juga sangat tidak sopan.

"Ya duduk diatas bangunan dinilai amat tak sopan di sini," terang Khun Suree pada KompasTravel.

(Baca juga: Temuan Mengejutkan dalam Lemari Pendingin Kuil di Thailand)

4. Pakaian lengan pendek

Salah satu yang banyak dilanggar wisatawan ialah baju dengan lengan yang pendek. Pendek di sini diartikan lengan baju berada di atas siku, bahkan tidak berlengan baju.

5. Melepas sepatu

Melepas sepatu saat memasuki kuil juga jadi hal yang wajib dilakukan. Wisatawan hanya boleh menggunakan sandal atau sepatu, hingga batas pintu bangunan kuil.

6. Berpelukan

Aktivitas bermesraan juga dilarang di area kuil, seperti berpelukan dan ciuman. Bahkan ini dilarang bukan hanya di dalam bangunan, tapi di area kuil yang terdapat lebih dari tujuh bangunan.

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com. Baca artikel sumber

(Muhammad Irzal Adiakurnia/Kompas.com)

KOMENTAR