Chengdu Siapkan Taman Khusus Panda Raksasa
2018 / Januari / 23   22:41

Chengdu Siapkan Taman Khusus Panda Raksasa

Pemerintah Chengdu, China, menyiapkan pembangunan taman hiburan bertema hewan endemik China, panda raksasa.

Chengdu Siapkan Taman Khusus Panda RaksasaSekelompok panda sedang berpesta bambu di Cagar Alam Wolong, Tiongkok. (Steve Allen/Thinkstock)

Pemerintah Chengdu, China, menyiapkan pembangunan taman hiburan bertema hewan endemik China, panda raksasa. Hal itu terungkap dari penandatanganan kerjasama di Great Hall of the People, Beijing beberapa waktu lalu.

Dilansir dari situs berita ChinaDaily, The French Deyrolle Co Ltd, Guangdong Fangsuo Cultural Investment and Development Co Ltd dan Chengdu Culture & Tourism Development Group telah menyepakati pembangunan Sino-France Chengdu Giant Panda Ecological & Creative Industries Park seluas 3,5 juta persegi yang berlokasi dekat denganChengdu Research Base yang berfungsi sebagai tempat pembibitan panda raksasa.

Baca juga: Mengembalikan Panda ke Kehidupan Mereka yang Sebenarnya

“Proyek ini bertujuan untuk memberikan solusi inovatif dan konkret untuk menghadapi tantangan perlindungan lingkungan di China dan dunia." Tutur Mao Jihong selaku pendiri  the Fangsuo Commune.

Berdasarkan rencana pembangunan, pada tahap pertama taman akan memiliki delapan tempat konservasi termasuk museum interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kesenian alam, pusat penelitian dan pengembangan kekayaan intelektual untuk panda raksasa dan pusat pertanian dan pusat pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.

Taman hiburan khusus panda itu direncanakan akan selasai pada tahun 2021 mendatang.

Proyek ini bekerjasama dengan salah satu perusahaan Perancis, Deyrolle Co Ltd. Perusahaan Perancis itu akan mendesain untuk taman hiburan bertema panda itu.

Baca juga: Mengapa Panda Sangat Menggemaskan?

"Proyek ini akan memobilisasi pengetahuan dari perusahaan dan institusi di Perancis dan China untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang alam dan kebutuhan untuk melindungi keanekaragaman hayati. Dan panda raksasa ini sudah menjadi simbol imperatif ini di seluruh dunia,” tutur Pemilik Perusahaan Deyrolle Co Ltd, Louis Albert de Broglie.

Pihak Chengdu Culture & Tourism Development Group mengatakan bahwa taman ini akan berfungsi untuk mempromosikan pengaruh budaya panda China ke dunia. Selain itu, taman itu juga diharapkan berpengaruh terhadap jalinan kerja sama antara China dan Perancis di bidang-bidang seperti seni dan ilmu pengetahuan alam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com. Baca artikel sumber.

(Wienda Putri Novianty/Kompas.com)

KOMENTAR