Anda Pencinta Barang Antik? Coba Kunjungi Beberapa Tempat Dibawah Ini!
2018 / Januari / 7   13:00

Anda Pencinta Barang Antik? Coba Kunjungi Beberapa Tempat Dibawah Ini!

Pasar, Triwindu, Pasar Klitikan dan Pasar Bratang merupakan beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jika ingin berburu berbagai barang antik.

Anda Pencinta Barang Antik? Coba Kunjungi Beberapa Tempat Dibawah Ini!Pasar Triwindu di Solo. (Silvita Agmasari/ kompas.com)

Barang antik memiliki penggemar yang cukup fanatik. Tak jarang banyak pemburu barang antik yang belanja sampai ke luar kota, untuk mendapatkan barang antik berkualitas. Uniknya, hampir setiap kota besar di Pulau Jawa memiliki pasar yang menjual barang antik.

Belakangan, barang antik bukan hanya menjadi tempat berbelanja, tetapi juga obyek wisata khususnya untuk berfoto. Dimana saja pasr barang antikberkualitas?

1. Jakarta

Jalan Surabaya di Menteng, Jakarta Pusat terkenal sebagai sentra barang antik. Lokasinya berada di daerah pemukiman elit Jakarta.

(Baca juga : Di Pasar Kalkota, Penjual Bunga Macho ini Akan Terlihat "manis")

Pedagang di Jalan Surabaya mulai berjualan barang antik sekitar tahun 1975, dengan kios tidak permanen. Baru pada tahun 1988, kios permanen didirikan dan hingga saat ini tercatat ada lebih dari 150 pedagang di sepanjang Jalan Surabaya.

Selain barang antik, koper menjadi komoditas yang banyak ditemui di Jalan Surabaya.

Beragam piringan hitam (vinil) ...Beragam piringan hitam (vinil) dari artis lokal dan mancanegara dijual di Jalan Surabaya, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2017). Tempat ini menjadi salah satu pusat penjualan piringan hitam di Jakarta. (Hendra A Setyawan/ Kompas.com)

2. Bandung

Naiklah ke lantai tiga Pasar Elektronik Cikapundung di Braga, Bandung. Menariknya bukan barang elektronik baru yang ditemui, melainkan barang-barang antik.

Di pasar ini dapat ditemui barang antik buatan dalam maupun luar negeri. Pedagang Cikapundung banyak memanfaatkan media sosial, sebagai sarana berjualan. Jadi siapa tau belanja lain kali bisa melalui online.

3. Solo

Pasar Triwindu, SoloPasar Triwindu, Solo (Galih Priatmojo/ Tribun Jateng)

Pasar barang antik yang satu ini begitu tersohor di Solo, Jawa Tengah hingga sering menjadi tujuan wisata. Pasar Triwindu  terletak di Jalan Diponegoro, depan Pura Mangkunegaraan.

Jika mencari barang dekorasi ruang antik ala Jawa, Pasar Triwindu adalah tempat yang tepat. Pedagang Pasar Triwindu menata barang dagangan dengan konfigurasi rapat, yang justru membuat tempat ini banyak dijadikan tempat foto.

(Artikel terkait: Titanic Ditemukan Selama Misi Perang Dingin Angkatan Laut Rahasia Amerika Serikat)

4. Yogyakarta

Di Yogyakarta ada banyak tempat yang menjual barang antik.Pasar KlitikanNiten di Bantul menjadi salah satu sentra barang antik berkualitas.

Bagi pecinta otomotif lawas, jangan lewatkan berkunjung ke pasar ini. Ada juga buku bekas dan piringan hitam lawas di Pasar Klitikan Niten.

Salah satu stan barang antik di ...Salah satu stan barang antik di Pasar Klitikan Kota Lama, Semarang. (Muhammad Irzal Adiakurnia/ Kompas.com)

5. Semarang

Jika Yogyakarta punya Pasar Klitikan Niten, maka Semarang punya Pasar Klitikan Antik. Pasar barang antik ini terletak di kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di Jalan Garuda.

Mencari motor lawas seperti Vespa atau Honda Pitung? carilah di pasar ini. Beberapa kios juga menerima barter barang antik. Unik bukan?

6. Surabaya

Jalan Bodri di Surabaya terkenal sebagai sentra barang antik. Namun awal tahun 2018, penjual barang antik di Jalan Bodri direlokasi ke Pasar Bratang di lantai dua.

Barang yang dijual cukup bervariasi mulai dari furniture sampai barang pecah belah.

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com dengan judul 6 Pasar Buat Penggemar Barang Antik, Bisa Jadi Tempat Foto!

(Silvita Agmasari/ Kompas.com)

KOMENTAR