Potret Kehidupan ''Bermandikan'' Cahaya Api Ungkap Krisis Energi di Afrika
2017 / Desember / 21   16:54

Potret Kehidupan "Bermandikan" Cahaya Api Ungkap Krisis Energi di Afrika

Di negara Afrika Barat, Benin, kehidupan setelah gelap telah melatih "kecerdasan" para penduduknya.

Potret Kehidupan ''Bermandikan'' Cahaya Api Ungkap Krisis Energi di AfrikaPenduduk desa menggelar pasar malam di bawah pohon, di desa Kokahoue, Benin. 300 penduduknya hidup tanpa listrik. Namun, ada beberapa desa lain yang mengalami situasi yang sama. (Pascal Maitre)

Saat matahari terbenam di desa Gbekandji, Benin, Afrika Barat, semua hal di sana turut “tenggelam”, kecuali aktivitas penduduk. Hal ini terjadi di seluruh Afrika Sub-Sahara, di mana diperkirakan dari 609 juta penduduk, enam dari sepuluh orang hidup tanpa akses ke jaringan listrik, mencegah mereka untuk mengenal dunia modern.

Menurut Bank Dunia dalam State of Electricity Access Report 2017, "energi sangat berkaitan erat dengan setiap tantangan pembangunan berkelanjutan lainnya yang penting—kesehatan, pendidikan, ketahanan pangan, kesetaraan gender, pengurangan kemiskinan, lapangan kerja, dan perubahan iklim."

Fotografer Pascal Maitre memilih negara Benin sebagai salah satu latar belakang untuk cerita agungnya, karena ini adalah negara yang stabil dan kenyataannya dapat dilihat dengan jelas, serta tidak rumit oleh kerusuhan politik atau bencana lingkungan. Anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah, perempuan melahirkan, dan pedagang menjual barang dagangan mereka; semua itu dilakukan dengan penerangan menggunakan minyak tanah atau lentera bertenaga surya.

Di balik semua aktivitas yang bermandikan cahaya hangat, potensi risiko terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat saat keadaan darurat muncul terus menghantui. "Bagi penduduk desa ini, kekurangan listrik adalah masalah terbesar mereka," kata Maitre.

Para pedagang menjual barang ...Para pedagang menjual barang dagangan mereka di pasar malam. (Pascal Maitre)

11. 000 orang tinggal di desa ...11.000 orang tinggal di desa Gbekandji tanpa akses listrik. Seorang guru bernama René Justin Danssou mengajar murid-muridnya dengan diterangi cahaya lampion surya buatan Cina. (Pascal Maitre)

Seorang wanita beribadat dalam ...Seorang wanita beribadat dalam sebuah pelayanan malam gereja evangelis di Atankpé Aligodo. (Pascal Maitre)

Bidan Rassa Godjo membantu ...Bidan Raïssa Godjo membantu melahirkan bayi dengan obor lampu minyak di desa Attankpe. (Pascal Maitre)

Simak halaman berikutnya untuk menilik potret krisis energi listrik yang dialami penduduk beberapa desa di Benin, Afrika Barat.

KOMENTAR