Mengapa Suhu di Dalam Pesawat Begitu Dingin?
2017 / Desember / 6   16:56

Mengapa Suhu di Dalam Pesawat Begitu Dingin?

Suhu tiap kursi memang tidak bisa diatur berbeda-beda, tetapi awak kabin pesawat bisa mengatur suhu kabin berdasarkan zona.

Mengapa Suhu di Dalam Pesawat Begitu Dingin?Ilustrasi kabin pesawat (Thinkstock)

Apakah Anda selalu merasa kedinginan saat naik pesawat? Suhu di dalam pesawat sengaja dibuat dingin yaitu di kisaran 22 hingga 24 derajat Celsius. Tetapi titik ekstrem suhu terendah bisa mencapai 18 derajat dan tertinggi pada 27 derajat Celsius. Kisaran suhu ini sama dengan lingkungan kantor pada umumnya.  

Kisaran suhu ini terkesan biasa saja, sebab sama saja dengan suhu di lingkungan kantor maupun di rumah atau kamar berpendingin ruangan. Namun perlu diingat, penumpang pesawat jarang bergerak selama penerbangan sehingga tubuh hanya sedikit menghasilkan panas. Hal ini pun membuat tubuh jadi terasa dingin.

Mengapa suhu di dalam pesawat harus dingin? Seperti dikutip dari Telegraph.co.uk, hal ini untuk menjaga kenyamanan di dalam kabin pesawat. Dalam sebuah laporan dari Airbus yang ditugaskan oleh House of Lords (Majelis Tinggi Inggris Raya), dijelaskan bahwa pada kabin pesawat yang kursinya penuh terisi, panas tubuh yang dihasilkan penumpang begitu banyak.

Udara masuk yang dibutuhkan harus berada pada suhu persis atau di bawah kebutuhan suhu kabin. Suhu tiap kursi memang tidak bisa diatur berbeda-beda, tetapi awak kabin pesawat bisa mengatur suhu kabin berdasarkan zona.

Sementara itu Boeing, saingan Airbus, menuturkan kepada komite House of Lords bahwa awak kabin biasanya mengubah suhu sebagai respon dari keluhan para penumpang saat itu. Namun, penumpang yang biasanya hanya duduk saja dibanding awak kabin yang terus bergerak, menghasilkan persepsi suhu nyaman yang berbeda.

Laporan tersebut juga menyebutkan ada beberapa keluhan dari penumpang yang menuduh awak kabin sengaja menurunkan suhu agar penumpang tidur setelah makan. Namun biasanya, suhu kabin saat pesawat sudah terbang di udara memang terasa lebih dingin dibandingkan sebelum lepas landas.

Hal ini dikarenakan unit pendingin udara di pesawat kerap kali dimatikan untuk menghemat bensin sebelum pesawat lepas landas. Sehingga panas tubuh penumpang dengan cepat membuat suhu kabin meningkat.

Alasan lain mengapa suhu pesawat begitu dingin adalah berdasarkan studi yang dilakukan American Society for Testing and Materials, orang lebih mudah pingsan akibat suhu kabin yang hangat. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak menerima oksigen yang cukup.

Suhu standar maksimun di kabin adalah 32,2 derajat Celsius. Namun, suhu pada angka ini jarang sekali terjadi saat pesawat mengudara. Sebab itu artinya suhu di dalam kabin begitu hangat.

(Ni Luh Made Pertiwi F/Kompas.com)

KOMENTAR