Inilah Kebiasaan yang Mengikis Kejantanan Pria
2017 / Desember / 6   08:56

Inilah Kebiasaan yang Mengikis Kejantanan Pria

Tidak salah jika pria memperhatikan penampilan melalui perawatan tubuh. Namun, perawatan yang berlebihan dapat membuat pria kehilangan sisi maskulinitas.

Inilah Kebiasaan yang Mengikis Kejantanan PriaPria juga memerlukan perawatan wajah. (Andrey Popov)

Di zaman modern ini, perawatan tubuh telah menjadi hal yang diperlukan oleh pria. Kaum pria tidak lagi merasa malu berdandan demi penampilan yang sempurna.

Potongan rambut yang rapi dan kulit yang bersih telah menjadi kebutuhan pria modern. Dan ini adalah kemajuan.

Tapi, kemajuan beda dengan kelewatan. Tampil keren tidak seharusnya membuat Anda menjadi maniak dan kecanduan merawat tubuh.

Inilah tanda-tanda bahwa Anda telah "berlebihan" melakukan perawatan tubuh, karena justru membuat Anda kehilangan sisi maskulinitas.

1. Mengalahkan hal-hal lain dalam hidup

Merawat tubuh memang suplemen penting untuk gaya hidup masa kini. Tapi, bukan berarti  menjadi hal utama. Jangan sampai Anda melupakan orang-orang di sekitar hanya demi merawat tubuh.

Kegiatan seperti menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita sayangi, berolahraga, atau bekerja dengan gembira, jangan sampai tersisihkan hanya untuk mendapatkan kulit semulus porselen.

Berusaha untuk menyingkirkan kulit berminyak atau jerawat bukanlah masalah. Namun bila Anda sampai terlambat kerja gara-gara kehabisan pelembab atau karena hair dryer rusak, bisa jadi itu pertanda "kecanduan".

2. Berdandan lebih lama dari pasangan

Merawat diri memang tidak sederhana. Tapi, menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukannya dibanding pasangan adalah pertanda bahwa Anda sedang terjebak dalam rutinitas itu.

Yang diperlukan pria hanyalah pembersih wajah, toner, pelembab, dan membersihkan sel kulit mati sekali atau dua kali dalam seminggu. Itu sudah cukup untuk membuat wajah Anda bersih.

Jadi, jika Anda menggunakan waktu dan uang hanya untuk produk-produk perawatan tubuh, seperti krim, masker, atau scrub, Anda mungkin tersesat pada obsesi untuk tampil sempurna.

3. Terpaku pada cermin

Pada saat-saat tertentu, kita mungkin membutuhkan cermin untuk memperbaiki rambut yang berantakan, atau sekedar bercermin untuk memastikan penampilan sudah rapi. Anda tentu tidak ingin tampak berantakan saat kencan pertama atau wawancara kerja.

Tapi jika Anda terus menerus bercermin dan memeriksa penampilan setiap tiga puluh menit, Anda mungkin memerlukan terapi agar kembali menjadi pria.

4. Melakukan operasi plastik

Operasi plastik di kalangan pria bukanlah hal yang aneh lagi. Namun, semoga Anda tidak tertarik melakukannya, karena ini adalah indikasi ekstrem bahwa seseorang kehilangan maskulinitasnya.

Mungkin Anda merasa tidak puas dengan apa yang telah dianugerahkan Tuhan. Namun, menyerahkan hal ini pada dokter bedah bukanlah jalan keluar.

Walau begitu ini semua adalah pilihan. Anda bisa memilih menua dengan keren seperti George Clooney, atau memilih jalan pisau bedah dan terlihat sepeti Steven Tyler.

Artikel ini sudah pernah tayang di Kompas.com. Baca artikel sumber.

(Ariska Puspita Anggraini/Kompas.com)

KOMENTAR