Bukan Cuma Manusia, Hewan-hewan Ini Juga Bisa Berhitung
2017 / Desember / 6   12:00

Bukan Cuma Manusia, Hewan-hewan Ini Juga Bisa Berhitung

Beberapa hewan ternyata juga memiliki kemampuan matematika dasar dan dapat berhitung.

Bukan Cuma Manusia, Hewan-hewan Ini Juga Bisa Berhitung (thinkstockphoto)

 Banyak orang berpikir bahwa kemampuan untuk berhitung dan memecahkan masalah matematika yang kompleks hanya dimiliki manusia. Namun, siapa sangka beberapa hewan ternyata juga memiliki kemampuan matematika dasar dan dapat berhitung.

Banyak studi kasus di kerajaan hewan yang menunjukkan kemampuan terkait kuantitas. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Primata

Pada akhir 1980-an, para peneliti berhasil menunjukkan bahwa simpanse dapat menambahkan jumlah cokelat dalam dua mangkok makanan, membandingkan jumlahnya dengan mangkok lain dan dengan benar memilih mangkok dengan jumlah isi yang lebih besar.

Dua puluh tahun kemudian, para peneliti membuktikan jika monyet rhesus dapat menghitung dengan cepat 80 persen jumlah benda yang ada di layar, seperti yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.

Lalu, dalam percobaan lanjutan, para peneliti menunjukkan bahwa monyet bisa mencocokkan jumlah suara yang mereka dengar dengan jumlah bentuk yang mereka lihat di layar.

(Baca juga: Humor dan Sains: Apakah Kucing Benda Cair?)

2. Singa

Selain primata, singa ternyata juga mampu menangkap hal yang berkaitan dengan suara. Penelitian yang pernah dilakukan memaparkan bahwa singa akan memilih untuk mendekati atau mundur tergantung dari jumlah singa pengacau yang mengaum dan jumlah anggota yang memihak di kelompok mereka sendiri.

3. Lebah

Kemampuan serupa juga dapat diamati pada lebah. Serangga ini kerap dipuji karena kognisi mereka yang luar biasa.

Para peneliti sudah tahu sejak lama bahwa serangga tersebut dapat menghitung, setidaknya sampai angka empat, tetapi pada tahun 1990-an, para peneliti menemukan bahwa lebah madu bisa tahu sejauh mana mereka telah meninggalkan sarang dengan menghitung jumlah penanda di sepanjang jalan. Mereka juga akan kebingungan jika peneliti mengubah penanda.

(Baca juga: Mana yang Lebih Cerdas, Anjing atau Kucing?)

4. Ikan

Berbeda dengan lebah, ikan memang tidak dikenal dengan kecerdasaannya. Namun ikan juga mengerti soal menghitung. Contohnya adalah ikan guppy yang secara khusus memilih untuk bergabung dengan kawanan ikan yang memiliki jumlah anggota lebih banyak karena dianggap lebih aman.

5. Ayam

Beberapa penelitian menduga bahwa jumlah kepekaan terhadap angka mungkin memang sudah ada sejak hewan lahir. Pada tahun 2015 para peneliti menemukan bahwa anak ayam berumur sekitar tiga hari sudah bisa mengidentifikasi jumlah yang lebih kecil atau lebih besar.

Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa kepekaan soal angka bukanlah sesuatu yang unik dan aneh dalam kerajaan hewan.

Artikel ini sudah pernah tayang di Kompas.com dengan judul Bukan Cuma Manusia yang Bisa Berhitung, Hewan Juga.

(Monika Novena/kompas.com)

KOMENTAR