Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Sedang Berbohong
2017 / Desember / 14   10:31

Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Sedang Berbohong

Ada beberapa cara untuk mendeteksi kebohongan. Di antaranya, dengan melihat bahasa tubuh lawan bicara.

Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Sedang Berbohong (Thinkstock, ilustrasi)

Bagaimana cara mengetahui apakah pasangan berbohong atau menampilkan yang sebenarnya? Sayangnya, pasangan kita bukan Pinokio yang bisa dengan mudah dilihat saat tidak jujur.

Tapi, jangan khawatir, ada tanda-tanda tertentu untuk mendeteksi kebohongan. Menurut pakar bahasa tubuh, kuncinya adalah melihat perubahan mendasar dalam perilaku mereka - dan ada beberapa yang khas yang harus diwaspadai.

Blanca Cobb penulis buku "Method of the Masters" dan Traci Brown, penulis "How to Detect Lies, Fraud and Identity Theft" mengatakan, mengamati ekspresi wajah, isyarat tangan dan perilaku gelisah dapat mengungkapkan banyak tentang jujur tidaknya seseorang.

"Entah Anda seorang pembohong berpengalaman atau tidak, menutupi sesuatu bisa menjadi urusan yang menegangkan dan tekanan ini dapat mewujud dalam ekspresi diri," ucap Cobb.

(Baca juga: Cara Terbaik Mengetahui Kebohongan)

Tanda paling jelas dari orang yang sedang tidak jujur dan tidak nyaman adalah menghindari kontak mata. Namun, tanda sebenarnya bahwa seseorang berbohong pada umumnya tidak sejelas itu.

Kedua penulis tersebut juga mengatakan sikap mengerlingkan mata, mengerucutkan bibir, menahan senyum dan berkedip berulang kali juga bisa jadi pertanda seseorang berbohong.

Patti Wooda seorang pakar bahasa tubuh menjelaskan isyarat lain seseorang sedang berbohong adalah menyentuh wajah Anda.

"Selain itu, orang yang berbohong juga sering menyentuh mata, hidung dan telinga mereka untuk menenangkan diri saat merasa stres," paparnya.

Brown juga menambahkan bahwa orang yang berbohong biasanya lebih gelisah.

(Baca juga: Bagaimana Mendeteksi Kebohongan dengan Poligraf?)

Hal-hal biasa seperti mengetuk-ngetukkan jari, menyilangkan kaki, bersenandung dan menguap terlalu banyak bisa menjadi indikator halus tentang kebohongan.

"Bahkan, mengetuk kaki bisa menjadi tanda ada yang disembunyikan," kata Brown.

Dalam beberapa kasus, stres yang dialami seorang pembohong dapat mempengaruhi saraf mereka sampai pada tingkat di mana mereka merasa gatal tak terkendali.

Jadi, jika kekasih Anda tiba-tiba menyentuh wajah atau pura-pura menggaruk bagian tubuhnya meski tidak ada yang gatal, maka waspadalah. Barangkali mereka sedang berbohong.

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com. Baca artikel sumber.

(Ariska Puspita Anggraini/Kompas.com)

KOMENTAR