Jarak Usia yang Jauh dengan Pasangan Bisa Menghambat Hubungan?
2017 / November / 23   11:06

Jarak Usia yang Jauh dengan Pasangan Bisa Menghambat Hubungan?

Semakin jauh jarak usia, maka semakin besar tantangannya.

Jarak Usia yang Jauh dengan Pasangan Bisa Menghambat Hubungan?Perbedaan usia, pada beberapa kasus, bisa menimbulkan kegelisahan dalam hubungan yang sulit untuk diatasi. (AH86/Thinkstock)

Bagi sebagian orang, umur hanyalah angka. Namun, ada beberapa argumen yang mengatakan bahwa kencan dengan seseorang yang perbedaan umurnya terlalu jauh, akan menghambat hubungan.

Benarkah begitu?

"Saya pikir itu tergantung dari tingkat kedewasaan pasangan dan apakah mereka mampu bernegosiasi dengan masalah yang ditimbulkan dari perbedaan usia tersebut," kata Mellissa Ferrari, pakar hubungan cinta dari Australia.

Menghadapi lebih banyak tantangan

Menurut Mellissa, jika seseorang mencari pasangan mapan, maka perbedaan umur yang jauh tidak masalah. Namun, bagi yang menginginkan kesetaraan, itu bisa jadi isu besar dalam hubungan.

Wanita yang tinggal di Sydney ini mengakui, perbedaan usia, pada beberapa kasus bisa menimbulkan kegelisahan dalam hubungan yang sulit untuk diatasi.

(Baca juga: Kepribadian Akan Berubah Seiring Bertambahnya Umur)

Semakin jauh jarak usia, maka semakin besar juga tantangannya. "Ada perbedaan energi. Yang muda mungkin masih suka berpesta sementara pasangannya ingin makan malam yang santai di rumah. Itu bisa menimbulkan masalah," papar Mellissa.

"Libido juga bisa menjadi masalah. Disfungsi seksual bisa terjadi di umur berapa pun, jadi saya tidak ingin mengeneralisasi. Namun, jika kita memilih seseorang yang lebih tua, perlu dipahami bahwa akan ada penurunan gairah," tambahnya.

Belum lagi adanya penilaian buruk dari keluarga dan teman. Mereka menganggap hubungan dengan perbedaan usia yang terlalu jauh tidak akan berhasil.

Jika ditanya apakah masalah-masalah di atas akan mempengaruhi kelanggengan hubungan, Mellissa mengatakan, itu tergantung bagaimana pasangan melihat tantangan tersebut. "Apakah mereka mampu untuk menangani asumsi, tuduhan dan pemikiran orang lain. Juga bagaimana cara mereka saling menenangkan dan melindungi satu sama lain," katanya.

(Baca juga: Mengapa Suatu Hubungan Gagal Menurut Sains)

Lihat kembali motif hubungan

Sebelum menjalin hubungan dengan seseorang yang usianya jauh di atas kita, Mellissa mengingatkan agar melihat lagi motif dibaliknya. Terkadang, kita mencari seseorang yang lebih tua karena ada masalah keluarga yang belum terpecahkan. Ini membuat kita berharap memiliki pasangan yang lebih dewasa agar mendapatkan kasih sayang setara dengan orang tua.

"Anda perlu tahu, hubungan dengan alasan itu kemungkinan tidak akan berhasil. Hubungan berfungsi lebih baik ketika dijalani layaknya dua orang dewasa. Bukan karena menginginkan hubungan seperti orangtua dan anak," paparnya.

(Gita Laras Widyaningrum/Huffingtonpost)

KOMENTAR