Jangan Takut Terlibat Obrolan Basa-Basi, Ini Manfaatnya!
2017 / November / 27   11:00

Jangan Takut Terlibat Obrolan Basa-Basi, Ini Manfaatnya!

Banyak orang tak menyukai obrolan basa-basi. Padahal, banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari pembicaraan basa-basi tersebut.

Jangan Takut Terlibat Obrolan Basa-Basi, Ini Manfaatnya!Jika Anda terlibat obrolan basa-basi, Anda memiliki banyak kesempatan untuk membangun apa yang orang ketahui tentang Anda karena Anda berbagi tentang diri dan kehidupan Anda. (Antonio Guillem/Thinkstock)

Apakah ide untuk memulai obrolan basa-basi di pertemuan sosial membuat Anda merasa ngeri?

Jika memang demikian, Anda tak sendiri.

Banyak orang tak menyukai obrolan basa-basi. Mereka mungkin menganggapnya buang-buang waktu atau takut berada dalam situasi canggung.

Tapi sebenci mungkin anda terhadap obrolan basa-basi, itu adalah realita kehidupan dan bagian penting dari interaksi sosial.

"Pembicaraan basa-basi sangat penting dan perlu karena ini adalah fondasi penting untuk membangun hubungan dan kemudian menjalin hubungan," kata Jen Harwood, pelatih bisnis, pembicara dan penulis motivasi.

(Baca juga: Jarak Usia yang Jauh dengan Pasangan Bisa Menghambat Hubungan?)

"Anda bisa membicarakan bisnis dan itu transaksi, sementara obrolan basa-basi adalah bagian relasional dari interaksi dan kesepakatan apapun, apakah kesepakatan itu menjadi teman, berbisnis, merekrut seseorang untuk sebuah pekerjaan, Anda harus bisa berbagi tentang siapa diri Anda sebagai manusia sekaligus bisa berbicara secara teknis.

"Percakapan basa-basi bisa menciptakan atau menghancurkan karir, kesempatan atau koneksi, dan itulah mengapa orang harus mempraktikkannya."

Kemampuan untuk terlibat dalam percakapan basa-basi yang berarti adalah keterampilan belajar yang membutuhkan latihan.

"Individu memiliki perpaduan unik antara pengalaman dan aturan tentang komunikasi," kata Harwood.

"Ketika mereka semua sama-sama disibukkan di sebuah pesta Natal dan tak ada yang memberi sinyal bahwa mereka 'Saya seorang pembicara' atau 'saya pendiam', maka mereka harus mencoba dan mencari tahu bagaimana terhubung ke tingkat di mana mereka merasa nyaman.”

(Baca juga: Tingginya Angka Bunuh Diri di Gunungkidul, Karena Mitos atau Depresi?)

"Tantangan bagi mereka dengan kepribadian terbuka adalah berhenti berbicara dan mengajukan pertanyaan, sementara tantangan untuk pribadi tertutup adalah untuk berbicara dan memberi komentar atau mengajukan pertanyaan. Semua orang punya tantangan."

Membuat obrolan berarti

Harwood menyarankan untuk memulai percakapan dengan senyuman dan menemukan kesamaan.

"Mulai dengan berbagi hal-hal yang menarik untuk Anda dan mendengarkan orang lain, dan cara terbaiknya adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada mereka," jelasnya.

Harwood mengatakan bahwa ketulusan adalah kunci sukses kecil dalam berbicara.

"Orang ingin mengenal Anda, menyukai Anda dan mempercayai Anda, dan jika Anda ingin membangun kepercayaan, Anda harus tulus," ujarnya.

"Jika Anda terlibat obrolan basa-basi, Anda memiliki banyak kesempatan untuk membangun apa yang orang ketahui tentang Anda karena Anda berbagi tentang diri dan kehidupan Anda."

Ia mengatakan bahwa penting juga untuk merasa nyaman dengan keheningan.

"Anda tak perlu bicara terus. Dan jika Anda diam karena Anda tidak ingin berbicara, Anda perlu mengangguk dan mengakui bahwa Anda sedang mendengarkan."

Ingat, semuanya dalam kondisi sama

Sementara beberapa orang menganggap obrolan basa-basi lebih mudah daripada yang lain, Harwood mengatakan, hal yang membantu untuk mengingat bahwa setiap orang merasa tidak nyaman pada tahap tertentu.

(Baca juga: Siapakah yang Lebih Tahan Hoax? Generasi X, Y atau Z?)

"Semua orang, pada suatu titik dalam obrolan dan jaringan mereka, merasa takut, semua orang merasakan emosi yang membuat pikiran mereka melaju sejuta mil per jam ke tempat mereka berada dan apa yang sedang mereka lakukan dan bagaimana keadaannya.”

"Jadilah penasaran terhadap manusia lain dan mencoba serta mematikan faktor penghakiman.”

"Setiap manusia ingin diterima dan ingin dicintai, jadi jika Anda bisa mengerti bahwa cara terbaik untuk menerima seseorang dan merasa aman dan dicintai adalah mendengarkan ... maka ajukanlah pertanyan dengan lembut."

Dan ketika berbicara tentang cuaca, Harwood mengatakan bahwa ini bisa menjadi topik yang hebat.

"Jika cuacanya tak karuan, hujan terus turun setiap harinya, maka bicarakanlah soal cuaca. Bicarakan sesuai konteks dan Anda tak mau membicarakannya terus-menerus."

Sumber asli artikel dari Australia Plus. Baca artikel sumber.

(Penny Travers/www.australiaplus.com)

KOMENTAR