Hippocampus Haema, Spesies Kuda Laut Baru dari Korea
2017 / Desember / 1   14:00

Hippocampus Haema, Spesies Kuda Laut Baru dari Korea

Spesies kuda laut terbaru ditemukan di bagian utara Samudera Pasifik, dekat semenanjung Korea.

Hippocampus Haema, Spesies Kuda Laut Baru dari KoreaKuda laut Korea ini memiliki bermacam warna yang segar. (ZooKeys/reefbuilders.com)

Kuda laut merupakan ikan laut kecil di genus Hippocampus.

Mereka masuk dalam famili Syngnathidae, bersama dengan pipefish dan naga laut. Ada lebih dari 140 spesies kuda laut yang tersebar di seluruh dunia. Terutama pada negara yang memiliki iklim tropis dan perairan dangkal.

(Baca juga: Fosil "Naga Laut" Ditemukan di Antara Koleksi Museum Jerman)

Spesies terbarunya, yang dinamakan kuda laut Korea atau Hippocampus haema, diketahui berasal dari selat Korea, Kyushu Barat dan laut Jepang.

"Spesies terbaru ini bisa ditemukan di sepanjang pantai selatan dan tenggara semenanjung Korea (dari pulau Soan hingga Ulsan)," kata dr. Jin-Koo Kim, peneliti dari Pukyong National University.

"Ia juga bisa ditemukan di sepanjang pantai Kyushu (sebelah barat prefektur Kagoshima) dan barat laut Honshu (dari prefektur Kyoto hingga Akita)," tambahnya.

Kuda laut Korea ini hidup di Sargassum (rumput laut cokelat) dan gulma yang mengambang di perairan dangkal, dengan kedalaman 0-59 kaki (0-18 meter).

(Baca juga: Ikan Aneh Penghuni Laut Dalam Berhasil Terekam Kamera untuk Pertama Kalinya)

Ia memiliki panjang 5-11,5 sentimeter, tubuh kurus, ekor panjang dan insang ganda. "Kepala dan tubuhnya terlipat dengan sudut yang pas; moncongnya memanjang dan menyatu; sirip panggul dan ekornya tidak ada," papar para peneliti.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal ZooKeys ini menunjukkan kulit kuda laut ini rata, halus dan sering menutupi tubuhnya. Juga ada mahkota kecil di bagian atas dan beberapa filamen kulit pada tubuhnya.

Yang menarik, Hippocampus haema ini memiliki bermacam warna yang segar. Mulai dari hitam, putih, oranye, kuning, magenta, merah anggur, cokelat, abu-abu dengan garis hitam, merah atau putih. Juga seperti lapisan batuan berwarna putih pada batang ekor yang menonjol. 

(Gita Laras Widyaningrum/sci-news.com)

KOMENTAR