Diserang Perompak Amazon, Keluarga Travel Blogger Ditemukan Selamat
2017 / November / 3   10:43

Diserang Perompak Amazon, Keluarga Travel Blogger Ditemukan Selamat

Setelah diserang perompak dan hilang selam tiga hari, keluarga beranggotakan empat orang asal Amerika ini ditemukan selamat tanpa mengalami luka serius.

Diserang Perompak Amazon, Keluarga Travel Blogger Ditemukan SelamatSebuah kapal di sebuah igarape (sungai banjir) di Amazon Brasil dekat Belem, Para, Brasil, tempat keluarga tersebut hilang. (Alex Robinson, Aurora via National Geographic)

Setelah hilang di belantara hutan hujan Brasil selama tiga hari, satu keluarga asal Amerika akhirnya ditemukan selamat. 

Kisah mereka sungguh mengerikan: dua travel blogger Amerika, Adam dan Emily Harteau, bersama dua putrinya melakukan perjalanan ke hutan hujan Amazon demi mendapatkan kisah petualangan untuk blog mereka. 

Saat keluarga tersebut menyusuri Delta Sungai Amazon pada 29 Oktober lalu, polisi negara bagian melaporkan bahwa perompak menyerang perahu mereka dan rekan-rekan seperjalanannya.

Sebelum Sebelum berangkat ekspedisi sungai dengan perahu, keluarga Harteau tinggal di Florianopolis di pantai tenggara Brasil. Mereka pindah ke Amerika Selatan pada 2012 silam untuk memulai perjalanan panjang yang bermula di Patagonia. Keluarga tersebut mendokumentasikan perjalanan mereka di dalam blog, Our Open Road. Lebih dari 125.000 orang mengikuti perjalanan keluarga itu di Instagram. 

Juru bicara keluarga Harteau, Colby Guillory, mengatakan bahwa kabar keluarga tersebut ditemukan disampaikan oleh Kedutaan Besar AS di Brasil pada Rabu (1/11/2017).

Foto disediakan oleh Sekretaris ...Foto disediakan oleh Sekretaris Negara Brasil untuk Keamanan Publik dan Pertahanan Sosial. Adam Harteau, kiri, Emily Harteau, yang ketiga dari kanan, dan kedua putrinya, tampak bersama d petugas polisi militer dan penduduk, di kota Breves, Para, Brasil. (AP Images via National Geographic)

Pada hari yang sama, media setempat melaporkan bahwa polisi dari negara bagian Para, menemukan kapal yang digunakan keluarga Harteau, setelah ditinggalkan para perompak di dermaga. Sebelum kabur, para perompak tersebut telah diduga telah mencuri barang-barang milik awak perahu dan penumpang lainnya.

Saat kapal tersebut ditemukan, keluarga Harteau tidak ada dan para petugas segera memulai pencarian terhadap keempatnya. 

Pada hari Rabu, polisi mengumumkan bahwa keluarga tersebut ditemukan selamat dan hanya mengalami luka-luka kecil serta gigitan serangga. Tidak ada penjelasan tambahan yang lebih rinci tentang bagaimana mereka berhasil melarikan diri. 

Kapal yang biasa digunakan di ...Kapal yang biasa digunakan di sungai hutan hujan Amazon di distrik Igarape Miri, Para, Brasil. (Paulo Amorim/Getty Images via National Geographic)

Guillory mengungkapkan bahwa keluarga tersebut sedang dalam perjalanan keluar dari Amerika Selatan, dengan tujuan akhir Los Angeles, saat mereka menumpang kapal mengarungi sungai untuk menuju kota Breves di Brasil.

"Saya kenal Adam, dia mungkin memutuskan untuk melakukan sesuatu demi menyelamatkan keluarganya," kata Guillory kepada  AP

"Kami hanya tahu bahwa di satu waktu di antara momen perompak menyalip kapal dan meninggalkan kapal, keluarga Harteau hilang. Kami menduga mereka lompat."

Pemandangan Udara dari Hutan ...Pemandangan Udara dari Hutan Hujan di Para, Brasil. (Filipe Frazo/Getty Images via National Geographic)

AFP melaporkan, ini adalah kali kedua wisatawan hilang di hutan hujan Brasil yang luas dalam beberapa bulan terakhir. Pada September lalu, seorang perempuan Inggris yang menyusuri Amazon dengan kayak tewas dibunuh. 

Perompak sungai dikenal sebagai salah satu ancaman berbahaya di Amazon. New York Times melaporkan pada tahun 2016 silam, bahwa mereka paling aktif di malam hari. Sering kali bersenjata, mereka menjarah tongkang sungai dan telah diketahui menyiksa serta membunuh para sandera.

(Sarah Gibbens/National Geographic. Diterjemahkan oleh Lutfi Fauziah.)

KOMENTAR