Dengan Menemukan Ikigai, Hidup Jadi Lebih Bermakna?
2017 / November / 21   19:00

Dengan Menemukan Ikigai, Hidup Jadi Lebih Bermakna?

Ikigai merupakan sebuah konsep dari Jepang yang berarti "alasan untuk hidup". Banyak orang menjadikan ikigai sebagai cara untuk hidup lebih lama dan bermakna.

Dengan Menemukan Ikigai, Hidup Jadi Lebih Bermakna?Jumlah populasi centenarian Jepang lebih tinggi tiga kali lipat dari yang dimiliki Amerika Serikat. (mykeyruna/Thinkstock)

Apa alasan Anda bangun tidur di pagi hari?

Jika belum menemukan jawabannya, konsep ikigai dari Jepang mungkin bisa membantu.

Ikigai merupakan kombinasi dari kata ikiru yang berarti "untuk hidup", dan kai yang bermakna "realisasi harapan seseorang". Jika digabungkan, kedua kata itu membentuk konsep "alasan untuk hidup" atau "memiliki tujuan dalam hidup". Banyak orang menjadikan ikigai sebagai cara untuk hidup lebih baik dan berumur panjang.

(Baca juga: Bagaimana Langkah Membuat Pilihan Paling Penting dalam Hidup?)

Menemukan ikigai

 Untuk menemukan ikigai, para ahli merekomendasikan kita untuk memberi empat pertanyaan ini kepada diri sendiri:

  • Apa yang saya sukai?
  • Apa yang bisa saya lakukan dengan baik?
  • Apakah kemampuan saya itu layak mendapat bayaran?
  • Apa yang dibutuhkan dunia dari saya?

Menemukan jawaban dan keseimbangan dari empat hal di atas bisa membantu menemukan ikigai dengan cepat, terutama untuk orang Barat. Sementara, bagi warga Jepang sendiri, ikigai merupakan suatu hal yang memerlukan proses tidak sebentar. Mereka juga menganggap ikigai tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan dan penghasilan. Berdasarkan survei pada 2000 warga Jepang di tahun 2010, hanya 31% partisipan yang menghubungkan pekerjaan sebagai ikigai atau tujuan hidup mereka.

Beberapa peneliti mengatakan, ikigai bisa berubah seiring perkembangan usia. Seseorang yang menjadikan karier sebagai tujuan hidup, akan mencapai kepuasannya saat pensiun nanti. Selanjutnya, ia akan mencari ikigai baru.

Lebih bahagia dan panjang umur

Gordon Matthews, profesor antropologi di Chinese University of Hong Kong sekaligus pengarang buku What Makes Life worth Living?, mengatakan, ikigai bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih bermakna. "Sebab, kita selalu memiliki sesuatu yang ingin diperjuangkan," ujarnya.

(Baca juga: Ikigai, Kunci Umur Panjang Warga Okinawa)

Menurut Dan Buettner, seorang ahli di Blue Zones -- wilayah di mana penduduknya berumur panjang -- ikigai merupakan konsep yang dianut oleh para penduduk di sana. Dikombinasikan dengan diet tertentu dan dukungan dari orang sekitar, ikigai membantu orang-orang hidup lebih lama. Di Okinawa, ikigai memberikan penduduknya tujuan hidup sehingga mereka berumur panjang (usianya bisa mencapai lebih dari 100 tahun).

(Gita Laras Widyaningrum/Sumber: Bussines Insider)

KOMENTAR