Tak Ada Batas Pasti Jumlah Maksimal Konsumsi telur per Hari, Benarkah?
2017 / November / 7   16:00

Tak Ada Batas Pasti Jumlah Maksimal Konsumsi telur per Hari, Benarkah?

Walau baik bagi kesehatan, ternyata jumlah konsumsi telur per hari juga perlu diperhatikan. selain protein, telur juga mengandung kolesterol sebanyak 186 mg.

Tak Ada Batas Pasti Jumlah Maksimal Konsumsi telur per Hari, Benarkah?Ilustrasi telur rebus (Amarita)

Apakah Anda penggemar telur? Beberapa orang yang sangat menyukainya bisa makan telur tiga sampai empat kali dalam sehari. Namun, di sisi lain ada perasaan was-was kolesterol bakal naik. Jadi, sebenarnya berapa banyak telur yang diperbolehkan untuk dikonsumsi agar kolesterol tubuh tetap terjaga?

Telur adalah salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun banyak yang takut makan telur karena kandungan kolesterol yang disebut-sebut bisa bikin kolesterol darah naik jika dikonsumsi. Faktanya, dalam satu butir telur ukuran besar, terdapat kandungan kolesterol sebanyak 186 mg di dalam kuning telur, yang biasanya lebih banyak digemari ketimbang putihnya.

Baca juga : Misteri Warna Telur Burung pun Terpecahkan

Kalau begitu, berapa banyak telur yang boleh dikonsumsi dalam sehari? Sayangnya, sampai saat ini memang tidak ada rekomendasi yang pasti terkait berapa banyak telur yang boleh dikonsumsi dalam satu hari. Namun, ada anjuran seberapa banyak kolesterol yang boleh Anda konsumsi dalam satu hari, yaitu:

  • Jika Anda sehat dan tak memiliki riwayat penyakit apapun, maka kadar kolesterol yang boleh dikonsumsi dalam sehari tidak lebih dari 300 mg.
  • Bila Anda mengalami diabetes, penyakit jantung, atau punya kadar kolesterol tinggi, maka Anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi kolesterol tak lebih dari 200 mg hari.
Ilustrasi telurIlustrasi telur (KariHoglund)

Sebuah penelitian yang dilansir dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa makan telur sebanyak 7 butir per minggu tidak akan meningkatkan kadar kolesterol tubuh pada orang yang sehat. Dalam penelitian lain, disebutkan bahwa konsumsi 1-3 telur dalam sehari tak membuat kadar kolesterol tubuh langsung naik. Namun sekali lagi, hal ini hanya pada orang sehat.

Baca juga: 5 Makanan Tinggi Kalori yang Bantu Penurunan Berat Badan

Memang tidak ada patokan pasti berapa banyak telur yang baik untuk dikonsumsi. Namun, jika Anda penggemar telur, sebaiknya kurangi konsumsi bagian kuning telur. Makanlah bagian putihnya saja. Anda bisa memanfaatkan kuning telur sebagai campuran kue atau makanan lain.

Mungkin kadar kolesterol yang ada dalam kuning telur tersebut tak melampaui batas maksimum yang telah ditentukan, tapi itu belum ditambah dengan makanan lain yang Anda konsumsi yang mungkin saja ada mengandung kolesterol.

Ilustrasi telur mata sapiIlustrasi telur mata sapi (fermate)

Selain itu, persoalannya bukan sekedar telurnya saja, tapi juga pengolahannya. Coba ingat-ingat bagaimana Anda mengolah telur? Bila dengan menggoreng, membuatnya jadi telur dadar, atau bikin telur mata sapi, pasti Anda menggunakan minyak atau margarin sebagai bahan untuk menggoreng. Nah, ini yang kemudian bisa bikin kadar kolesterol naik.

Minyak serta margarin punya kandungan lemak jenuh yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan buat kolesterol tubuh melonjak. Sebaiknya olah telur dengan cara yang lebih sehat, misalnya direbus atau cara lain yang tak menggunakan minyak serta margarin.

Artikel ini sudah pernah tayang di kompas.com dengan judul Sehari Boleh Makan Telur Berapa Kali?

(Wisnubrata/ Kompas.com)

KOMENTAR