Bangkai Belalang Berusia 128 Tahun Ditemukan dalam Lukisan Olive Trees Van Gogh
2017 / November / 13   17:10

Bangkai Belalang Berusia 128 Tahun Ditemukan dalam Lukisan Olive Trees Van Gogh

Serangga tersebut melekat pada cat tebal di latar depan bagian bawah lukisan bertajuk Olive Trees yang dilukis Van Gogh 128 tahun silam.

Bangkai Belalang Berusia 128 Tahun Ditemukan dalam Lukisan Olive Trees Van GoghVincent van Gogh melukis seri Olive Trees-nya pada tahun 1889 saat tinggal di sebuah rumah sakit jiwa di selatan Prancis. (Nelson-Atkins Museum of Art)

Setiap lukisan mungkin menyimpan rahasia dan misteri di baliknya. Lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci, misalnya, menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Atau  yang baru-baru ini ditemukan, yaitu gambar “hantu” di balik lukisan Sir John Maitland.

Tapi baru-baru ini, konservator Mary Schafer dari Nelson-Atkins Museum of Art di Kansas City menemukan bangkai belalang berusia 128 tahun yang ‘terabadikan’ dalam lukisan Vincent van Gogh.

Van Gogh memang dikenal sebagai pelukis luar ruang.

“Saya pasti telah memungut seratusan lalat atau lebih dari empat kanvas yang akan kamu terima, belum lagi debu dan pasir,” renung Van Gogh dalam sebuah surat tahun 1885 kepada saudara laki-lakinya, Theo.

(Baca juga: Inilah Lukisan Awal Keraton Ngayogyakarta Karya Seniman VOC)

Belalang yang melekat pada ...Belalang yang melekat pada lukisan Van Gogh tidak akan terlihat dengan mata telanjang. Schafer secara tak sengaja menemukannya ketika sedang meneliti lukisan itu di bawah kaca pembesar. (Nelson-Atkins Museum of Art)

Serangga tersebut melekat pada cat tebal di latar depan bagian bawah lukisan Van Gogh yang bertajuk Olive Trees. Belalang itu tidak akan terlihat dengan mata telanjang. Schafer secara tak sengaja menemukannya ketika sedang meneliti lukisan itu di bawah kaca pembesar.

“Tak jarang kami menemukan bahan tanaman, serangga, atau pasir menempel di lukisan cat,” kata Schafer.

Terkadang, material-material asing yang melekat pada lukisan dapat memberi lebih banyak informasi tentang kapan dan di mana karya tersebut dibuat.

“Kami penasaran apakah belalang bisa digunakan untuk mengidentifikasi musim tertentu saat gambar ini dilukis,” tambahnya.

Dalam kasus Olive Trees, kita tahu di mana dan kapan kira-kira lukisan tersebut dibuat. Van Gogh melukis serangkaian lukisan Olive Trees saat sedang dirawat di rumah sakit jiwa Saint-Paul di Saint-Remy-de-Provence, Prancis, dari Mei 1889 hingga Mei 1890. Lukisan yang berada di Nelson-Atkins Museum dibuat pada 1889.

(Baca juga: Potret Kelainan Genetika pada Lukisan Bangsawan Italia Abad Ke-15)

Michael S. Engel dari Museum Sejarah Alam diminta untuk membantu mengidentifikasi serangga tersebut dan melihat apakah serangga tersebut bisa mengungkap pada musim apa mahakarya itu dibuat.

Vincent van Gogh, digambarkan ...Vincent van Gogh, digambarkan di sini dalam potret diri, meninggal pada tahun 1890. (Galeri Nasional Australia)

Sayangnya, Engel hanya dapat memastikan bahwa toraks dan perut serangga tersebut hilang dan tidak ada tanda-tanda pergerakan pada lukisan. Hal ini menunjukkan bahwa belalang tersebut dalam kondisi mati sebelum melekat pada kanvas.

Meski demikian, ditemukannya belalang pada lukisan Van Gogh ini tak sepenuhnya sia-sia. Ada manfaat yang bisa dipetik oleh para pengelola museum tempat karya itu disimpan.

“Kami bisa berbicara tentang belalang kepada para pengunjung tentang bagaimana Van Gogh melukis dan prosesnya dengan cara yang menyenangkan. Penemuan belalang menghubungkan pengamat dengan gaya melukis Van Gogh, dan momen saat ia melukis karya itu,” ungkapnya.

(Baca juga: Misteri di Balik Lukisan Da Vinci)

Melukis  di atas karya-karya lama, sering kali menggunakan kembali kanvas, telah menjadi praktik umum selama berabad-abad. Dengan peralatan sains modern, para peneliti dan konservator telah berhasil mengungkap berbagai karya tersembunyi dari Picassa, Degas, dan bahkan Da Vinci. 

(Lutfi Fauziah. Sumber: abc.net.au, sciencealert.com)

KOMENTAR