Bagaimana Langkah Membuat Pilihan Paling Penting dalam Hidup?
2017 / November / 9   10:00

Bagaimana Langkah Membuat Pilihan Paling Penting dalam Hidup?

Untuk mendapatkan kebahagian yang panjang, cobalah untuk berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pashion yang sama dengan anda.

Bagaimana Langkah Membuat Pilihan Paling Penting dalam Hidup?Kevin Delvecchio/Unsplash (Kevin Delvecchio/Unsplash)

Moran Cerf,  salah seorang neuroscientist dari Northwestern University ini meyatakan bahwa cara yang paling efektif untuk memaksimalkan kebahagiaan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pengalaman, barang material, maupun filosofi pribadi.

Cerf yang telah mempelajari bagaimana tipe seseorang dalam pengambilan keputusan selama lebih dari satu decade ini berpendapat bahwa pada dasarnya, kebahagiaan tersebut bermula dengan kepada siapa anda memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama. “ Namun ini bukan hanya sekadar nasehat untuk memiliki teman dengan lebih hati-hati," ungkap Cerf  kepada Business Insider.

Cerf percaya bahwa usaha dari dalam diri sendiri merupakan faktor terpenting untuk mendapatkan sebuah kepuasan jangka panjang. Selanjutnya Cerf membaginya menjadi dua premis.

Pertama, pengambilan keputusan itu melelahkan. Banyak penelitian telah menemukan bahwa manusia mencurahkan banyak energi mentalnya yang terbatas untuk sebuah pilihan.

Memilih pakaian, tempat makan, apa yang harus dimakan saat kita sampai di sana, musik apa yang harus didengarkan, apakah seharusnya benar-benar menjadi podcast, dan apa yang harus dilakukan di waktu luang kita. Semua kegiatan itu menuntut otak kita untuk menggunakan energi itu setiap hari.

Baca juga: Hal yang Patut Kita Tiru dari Negara Paling Bahagia di Dunia

(Cerf telah benar-benar membuat kebijakan pribadi untuk selalu memilih item menu kedua dalam daftar spesial saat dia makan, karena alasan itu.)

Premis kedua adalah bahwa manusia salah percaya bahwa mereka mengendalikan sepenuhnya kebahagiaan mereka dengan membuat pilihan itu. Selama kita membuat pilihan yang tepat, pemikiran berlanjut, kita akan menempuh jalan menuju kepuasan hidup.

Cerf menolak gagasan itu. Menurutnya, yang benar adalah pengambilan keputusan penuh dengan bias dapat  mengaburkan penilaian kita.Orang misremember mengangap pengalaman buruk sebagai sesuatu yang baik, dan begitu pula sebaliknya; Mereka membiarkan emosinya mengubah pilihan rasional menjadi sesuatu yang tidak masuk akal; dan mereka menggunakan isyarat sosial, bahkan secara tidak sadar untuk membuat pilihan yang mungkin tidak mereka hindari.

Namun Cerf mengatakan kepada murid-muridnya, faktor terakhir itu bisa dimanfaatkan untuk selamanya.

Pada sebuah studi yang telah dilakukan tentang penonton sebuah bioskop, Cerf menemukan trailer yang paling menarik semuanya menghasilkan pola serupa di otak manusia.

Baca juga: Delapan Aroma yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

"Ini berarti orang yang benar-benar anda andalkan memiliki dampak pada ikatan anda dengan kenyataan di luar apa yang dapat anda jelaskan. Dan salah satu pengaruhnya adalah Anda menjadi mirip satu sama lain."

Hal itu juga dapat terlihat dalam perilaku seseorang. Misalanya Buzzkills yang membuat suasana hati seseorang turun; Pembicara cepat dapat menyebabkan kecepatan dalam percakapan meningkat; komedian yang membuat orang merasa ringan, atau lucu.

Berdasarkan dua premis tersebut, Cerf menyimpulkan bahwa jika seseorang ingin memaksimalkan kebahagiaan dan meminimalkan stres, mereka harus membangun kehidupan yang memiliki lebih sedikit keputusan dengan mengelilingi diri mereka bersama orang yang dapat mewujudkan sifat-sifat yang mereka sukai.

Seiring berjalannya waktu, mereka secara alami akan mengambil sikap dan perilaku yang diinginkan. Pada saat yang sama, mereka dapat menghindari keputusan tingkat rendah secara mental yang  dapat menyedot energi yang dibutuhkan dalam pengambilan sebuah  keputusan yang berisiko tinggi.

Setelah kebijakan restoran Cerf, ia mengatakan bahwa dirinya juga suka menghindari memetik restoran. Sebagai gantinya, dia lebih suka membuat satu keputusan - siapa yang harus makan - dan memilih seseorang yang dia percayai. Kemungkinan orang tersebut akan memilih tempat yang bisa dinikmati Cerf, yang berarti pilihan khusus kedua juga lebih cenderung membuat dia merasa puas.

Dengan kata lain, dia menghindari membuat dua keputusan lebih kecil dengan membuat yang lebih besar.

Hal yang sama bisa berlaku untuk orang yang ingin berolahraga lebih banyak, kurang menonton TV, mengambil alat musik, atau menjadi lebih ramah. Dalam semua kasus, Cerf mengatakan, keputusan yang paling penting adalah dengan siapa mengelilingi diri anda sekarang.

(Citra Anastasia. sumber sciencealert.com)

KOMENTAR