Anak Usia 9 Tahun ''Temukan'' Pertarungan Sengit Antara Tawon dan Tarantula
2017 / November / 20   01:10

Anak Usia 9 Tahun "Temukan" Pertarungan Sengit Antara Tawon dan Tarantula

Seorang anak yang sedang pergi mendaki bersama keluarganya menemukan sisi mengerikan alam yang tidak pernah ia duga sebelumnya.

Anak Usia 9 Tahun ''Temukan'' Pertarungan Sengit Antara Tawon dan TarantulaTawon yang bertarung dengan tarantula. (National Geographic)

Seorang anak yang sangat cerdik menyaksikan pertarungan tawon pemburu tarantula dengan tarantula dan menceritakan peristiwa tersebut secara ilmiah kepada keluarganya. Tawon yang bersifat parasit tersebut menyerang tarantula di Gurun Sonora, Arizona, yang ingin mencoba melumpuhkan tarantula, seperti yang diprediksi si anak.

Karen dan Matthew Perry dari Tucson, Arizona, merekam pertarungan dua hewan itu bersama anak-anak mereka, Kas dan Cadence, saat mereka pergi mendaki. Saat serangan terjadi, Matthew Perry tidak yakin apakah laba-laba itu mencoba membela diri ataukah telah “dibius”, seperti yang dia katakan dalam video.

Cash, anak yang menemukan adegan pertarungan tersebut, mengidentifikasi jenis tawon yang menyerang tarantula. “Kenapa dia bertingkah seperti itu?” tanya Matthew tentang tarantula tersebut. “Jika disengat, dia (tarantula) akan benar-benar diam,” respons Kas.

Sepanjang video, tawon terus menyengat tarantula beberapa kali. Begitu laba-laba tersebut cukup lumpuh dari racun tawon, tawon akan meletakkan sebutir telur di perut tarantula yang empuk. Hal itu memicu serangkaian peristiwa biologis yang mengubah laba-laba menjadi semacam zombie.

Tawon itu akan menarik tarantula yang sudah lemah untuk kembali ke sarangnya sendiri. Saat telur tawon menetas, larva tersebut akan memakan luar dalam tubuh laba-laba yang “sekarat”.

Artikel terkait: Saksikan Pertarungan Sengit Antara Ayam Jantan dan Kobra

Larva tawon cenderung menghindari organ vital tarantula, untuk menjaganya agar tetap hidup selama mungkin. Nantinya, laba-laba tersebut akan tidak tahan untuk dimakan dari dalam ke luar yang biasanya memakan waktu beberapa minggu.

Keluarga Perry tertegun dan tidak percaya dengan apa yang mereka lihat. Karen Perry mengatakan bahwa pertarungan dua hewan tersebut “gila” dan menyedihkan untuk disaksikan.

(Citra Anastasia. Sumber: Heather Brady/National Geographic)

KOMENTAR