10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menyebabkan Kerusakan Ginjal
2017 / November / 30   21:09

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menyebabkan Kerusakan Ginjal

Mulai dari konsumsi gula berlebih hingga kurang tidur, berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menyebabkan Kerusakan GinjalIlustrasi. (Thinkstock)

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Sebagai bagian dari sistem urine, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urine.

Ginjal yang tidak melakukan tugasnya dengan baik akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, salah satunya gagal ginjal kronis. Terlambat menyadari gagal ginjal kronis bisa menyebabkan seseorang harus rutin melakukan cuci darah (dialisis) untuk bertahan hidup, bahkan cangkok ginjal.

Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal. Salah satunya dengan cara menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal parah dan dapat menambah beban kerja organ tersebut.

(Baca juga: Mengapa Kita Sering Kebelet Pipis Saat Sedang Grogi?)

Berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

1. Konsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi lebih dari segelas alkohol setiap hari selama berminggu-minggu bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Sebab, alkohol membuat ginjal dan hati kita bekerja lebih keras dari biasanya.

2. Menahan buang air kecil

Menahan berkemih dapat meningkatkan beban kerja pada ginjal yang mungkin bisa menyebabkan timbulnya batu ginjal atau bahkan gagal ginjal.

3. Kurang minum

Jika Anda tidak minum air dalam jumlah yang cukup, maka kotoran dan racun yang seharusnya diekskresikan dari tubuh akan mulai menumpuk dan menyebabkan kerusakan ginjal.

4. Konsumsi gula berlebih

Peneliti telah menemukan bahwa orang yang minum lebih dari dua gelas minuman manis setiap harinya lebih mungkin terdapat protein pada urinenya. Ini merupakan gejala awal bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik.

(Baca juga: Sering Sembelit? Waspada Penyakit Ginjal)

5. Konsumsi garam berlebih

Kadar garam yang tinggi di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Pasalnya, hal tersebut dapat memberikan beban berlebih pada organ dan meningkatkan tekanan darah.

6. Kurang tidur

Kurang tidur kronis merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tubuh kita butuh tidur yang cukup di malam hari untuk mengistirahatkan dan mengembalikan fungsi normal ginjal.

7. Kurang vitamin dan mineral

Kinerja ginjal sebagian besar bergantung pada makanan yang Anda konsumsi. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin B6, maka tubuh Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

8. Konsumsi kafein berlebih

Kafein dapat menyebabkan tekanan lebih pada ginjal dan meningkatkan tekanan darah. Konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal setelah beberapa waktu.

(Baca juga: Cara Mudah Membedakan Sakit Punggung dan Sakit Ginjal)

9. Penyalahgunaan obat pereda nyeri

Beberapa obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri mengandung berbagai senyawa kimia berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit komplikasi. Salah satu efek sampingnya yaitu kerusakan parah pada ginjal dan hati.

10. Konsumsi protein hewani berlebih

Meningkatnya penggunaan protein hewani seperti daging merah dapat meningkatkan beban metabolik pada ginjal. Makanya dianjurkan untuk menghindari asupan daging merah.

(Lutfi Fauziah. Sumber: www.boldsky.com)

KOMENTAR