Tujuh Manfaat Pala Bagi Kesehatan
2017 / November / 8   10:00

Tujuh Manfaat Pala Bagi Kesehatan

Sejak zaman dahulu, pala telah digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa Anda temukan dalam pala.

Tujuh Manfaat Pala Bagi KesehatanJika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, minum secangkir susu dengan campuran bubuk pala. Ini akan membantu Anda menjadi rileks dan lekas terlelap. (Thinkstock)

Pala merupakan salah satu rempah yang populer di dunia karena beragam khasiatnya bagi kesehatan. Bahkan, sejak zaman dahulu, pala telah digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit atau sekadar meningkatkan kebugaran tubuh. Berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa Anda temukan dalam pala.

1. Meningkatkan kinerja otak

Di masa lampau, masyarakat Romawi dan Yunani kuno menggunakan pala sebagai stimulan otak. Pala dapat merangsang otak secara efektif, sehingga dapat mengurangi kelelahan dan stres. Pala juga dapat meningkatkan konsentrasi, sehingga Anda bisa bekerja atau belajar lebih efisien.

2. Pereda nyeri

Pala juga merupakan obat pereda nyeri yang efektif. Faktanya, pala merupakan bahan pokok pengobatan Cina kuno. Orang Cina menggunakan rempah-rempah untuk mengobati peradangan dan sakit perut. Gunakan pala jika Anda menderita sakit sendi, nyeri otot, artritis, luka dan penyakit lainnya. 

3. Meredakan gangguan pencernaan

Jika Anda menderita masalah pencernaan seperti diare, konstipasi, kembung, perut kembung dan sebagainya, pala bisa menjadi obat yang efektif. Minyak pala mengurangi sakit perut dengan membuang kelebihan gas dari usus Anda. Selain itu, pala juga bisa meningkatkan nafsu makan.

4. Mengatasi bau mulut

Karena sifat antibakterinya, pala juga bisa secara efektif mengobati halitosis atau bau mulut. Seperti yang mungkin Anda ketahui, bau mulut biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut Anda. Pala bisa membersihkan mulut dari bakteri dan juga bisa digunakan untuk mengobati masalah gusi serta sakit gigi.

5. Detoks hati dan ginjal

Detoksifikasi merupakan faktor penting kesehatan yang baik. Makanan, polusi, stres, tembakau, obat-obatan dan zat eksternal lainnya dapat menyebabkan penumpukan racun di organ tubuh Anda. Hati dan ginjal merupakan dua organ yang paling bersinggungan dengan racun. Sebagai tonik, pala bisa membersihkan hati dan ginjal dan membuang racun ini. Pala juga efektif dalam mencegah dan melarutkan batu ginjal.

6. Perawatan kulit

Pala dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih halus dan lebih sehat serta mengatasi beberapa masalah kulit. Scrub yang terbuat dari bubuk pala dan bubuk miju-miju dapat membantu Anda menghilangkan komedo. Selain itu, pala juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat. Cukup dengan mencampurkan bubuk paala dan madu menjadi pasta, dan dioleskan pada bekas jerawat.

7. Mengatasi insomnia

Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, minum secangkir susu dengan campuran bubuk pala. Ini akan membantu Anda menjadi rileks dan lekas terlelap.

(Lutfi Fauziah)

KOMENTAR